Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibanderol Rp 25.000, Kaus Gambar Jokowi Laris di Pasar Klewer

Kompas.com - 21/05/2014, 14:28 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis

SOLO, KOMPAS.com — Kaus bergambar bakal calon presiden RI, Joko Widodo, menjamur di Pasar Klewer, Solo. Kaus itu dibanderol seharga Rp 25.000-35.000. Pedagang kaus pasar itu pun kebanjiran pembeli.

Berdasarkan kesaksian para pedagang, Rabu (21/5/2014), semenjak wacana Jokowi akan maju sebagai calon presiden dari PDI-P, desain kaus bergambar foto mantan Wali Kota Solo tersebut mulai bermunculan.

Namun, tak hanya kaus bergambar Jokowi, kaus lain bergambar mantan penguasa Orde Baru, Soeharto, pun banyak dijual di pasar ini.

"Sekarang desainnya bermacam-macam, ada yang sedang pakai kemeja, ada Pak Jokowi sedang tertawa, lumayan laris Mas," kata Imung, salah satu pedagang di Pasar Klewer.

Hal senada diungkapkan pedagang lainnya, Ego. Ego mengaku harus menambah stok kaus bergambar Jokowi beberapa hari belakangan ini. "Sehari minimal 5 kaus, kalau pas akhir pekan atau liburan bisa lebih banyak lagi," kata Ego.

Poster
Sebelumnya juga telah diberitakan, menjelang Pemilihan Presiden 2014 pada 9 Juli mendatang, poster-poster berisi dukungan kepada Jokowi bermunculan di sudut-sudut Kota Solo. Salah satunya di Kampung Prabuwinatan, Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon, dan di Jalan Brigjen Katamso, Mojosongo, Jebres.

Poster sepanjang lima meter di Mojosongo bertuliskan, "PDI Perjuangan Menang Mutlak, Jokowi Presiden Menang Satu Putaran", tertulis organisasi bernama Aliansi Rakyat Merdeka.

Menurut warga sekitar di Mojosongo, poster tersebut sudah terpasang sekitar satu bulan lalu.

Berbeda dengan poster yang berada di Mojosongo, poster berukuran lebih besar sekitar 5 x 6 meter, dengan gambar Jokowi berada di tengah berlatar belakang foto-foto warga yang sedang berinteraksi dengan Jokowi, terpampang tembok milik Keraton Surakarta di Kampung Prabuwinatan.

Poster tersebut pun bertuliskan pesan dukungan untuk Jokowi. "Jokowi menuju RI 1...Sabar bro, tunggu zamanku Gemah Ripah Loh Jinawi".

Warga di sekitar mengaku poster tersebut belum lama terpasang. "Kurang lebih baru semingguan Mas, tahunya sudah terpasang di situ," kata Budi, warga setempat.

Budi menambahkan, sebagai warga Solo, dia bangga Jokowi bisa maju menjadi bakal calon presiden. "Semoga lancar dan bisa menang," kata Budi yang membuka usaha cucian motor tersebut.

Menanggapi poster dukungan kepada Jokowi, Ketua DPC Partai Gerindra Solo Suprayitno melontarkan kritik terkait aspek legalitas poster-poster itu.

"Kalau itu inisiatif masyarakat sendiri saya kira itu hal wajar, namun dari regulasi formal melanggar atau tidak, institusi terkait yang mempunyai wewenang," kata Suprayitno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com