Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kambing Mati Misterius, Warga di Gunungkidul Waspada

Kompas.com - 20/05/2014, 19:04 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Warga di Pedukuhan Tegal Rejo, Desa Sidorejo Ponjong, Gunungkidul, resah lantaran dua ekor kambing milik salah satu warga ditemukan dalam keadaan mati.

Matinya hewan ternak itu diduga karena dimangsa oleh hewan buas yang sampai saat ini belum diketahui jenisnya.

Matinya dua kambing ini kali pertama diketahui pada Selasa (20/5/2014) pukul 06.00 WIB ketika Bakti, pemilik kambing tersebut, hendak memberi makan rumput untuk hewan ternaknya. Saat itu, ia melihat kandang dalam keadaan kosong. Bakti lantas mencari dua kambingnya di sekitar kandang. Tak begitu jauh dari kandang, ia mendapati dua ekor kambing miliknya itu sudah mati dengan kondisi kepala hampir putus.

"Lokasinya tidak jauh dari kandang, sepertinya diseret. Di leher pada dua kambing saya seperti tercabik-cabik bekas gigitan hewan," ucap Bakti, Selasa (20/05/2014).

Bakti menduga kambing miliknya mati karena gigitan hewan buas yang biasa turun ke permukiman ketika musim kemarau tiba. Sebab, tak jarang hewan buas turun hingga ke permukiman warga.

"Mungkin macan lembah dan anjing liar. Tapi, saya belum tahu pasti apa yang memangsa," katanya.

Pasca-kejadian itu, mulai malam ini warga bersepakat akan melakukan ronda malam. Ronda terutama difokuskan di sekitar lokasi kandang ternak warga. "Untuk antisipasi, warga berencana melakukan ronda," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com