Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Jokowi, 3 Pria Ambarawa Nekat Jalan Kaki ke Jakarta

Kompas.com - 16/05/2014, 12:50 WIB

BATANG, KOMPAS.com - Tiga orang pria asal Ambarawa dan Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, berjalan kaki dari daerahnya menuju ke Jakarta. Mereka datang ke Jakarta untuk menemui Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi).

Ketiganya adalah, Ikmal (38), asal Ambarawa, dan Triman (25) serta Zufa (16), warga Bawen. Mereka tergabung dalam Komunitas Pemuda Indonesia Relawan Jokowi (Kopi Rejo). Mereka kekinian sudah sampai di Kabupaten Batang.

Ikmal mengaku, berangkat dari tempat tinggalnya pada 11 Mei 2014 lalu. Dirinya memperkirakan bakal tiba di Jakarta sekitar tanggal 20 Mei 2014.

Selama perjalanan dirinya membawa lima spanduk dengan panjang masing-masing 10 meter dan lebar 1 meter.

Hingga kekinian, dirinya mengaku sudah mengumpulkan sekitar 6.000 tanda tangan dukungan Jokowi menjadi presiden. "Nanti kalau sudah sampai sana, spanduk ini akan kami serahkan ke Jokowi," kata Ikmal.

Kendala selama perjalanan dikatakannya adalah hanya cuaca panas. Sebab mereka berjalan kaki saat pagi hingga malam.

"Menjelang magrib kami istirahat, sekitar jam delapan pagi melanjutkan jalan lagi. Sandal masing-masing kami sudah habis 3 pasang," terangnya.

ia mengatakan, alasan dukungannya ditujukan ke Jokowi karena sosoknya yang sederhana. Selain itu, Jokowi dinilainya sebagai pemimpin yang benar-benar bisa melayani rakyatnya.

"Dengan karakter Jokowi yang low profil dan benar-benar melayani masyarakat, siapapun pasangannya, saya yakin Indonesia bisa lebih baik," katanya.

Ikmal mengaku, menilai kelayakan Jokowi menjadi RI 1 tidak dilihat parpolnya atau kepopulerannya dimedia, tapi karakternya. "Kalaupun ada sosok yang karakternya sama dengan Jokowi, juga tidak masalah. Jadi ada karakter pelayan masyarakat, itu yang terpenting," katanya

Hal senada juga dikatakan Triman. Menurutnya yang dibutuhkan saat ini adalah sosok pemimpin yang mau menjadi pelayan masyarakat. Sebab sangat jarang, ditemui sosok pemimpin yang sekaligus pelayan masyarakat.

"Kebanyakan selama ini hanya pencitraan saja. Sesudah itu ya lupa," katanya.

Setelah bertemu Jokowi, mereka mengaku bakal melakukan sosialisasi dukungan terhadap Jokowi. Mereka akan melakukannya di 21 cabang Kopi Rejo yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Jateng.

Selama perjalanan dari Ambarawa, mereka sempat mampir di alun-alun Ungaran untuk mendapatkan tanda tangan dukungan masyarakat terhadap Jokowi. Selain itu mereka juga mampir di Simpang Lima dan Tugu Muda Kota Semarang, serta alun-alun Kabupaten Kendal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com