Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gubernur Jabar: Siapa Mengira Ada Manusia seperti Emon?

Kompas.com - 12/05/2014, 23:07 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengaku heran atas kasus kejahatan seksual yang dilakukan AS alias Emon di Sukabumi, Jawa Barat. Kejahatan seksual seperti ini, kata Aher, sulit dideteksi karena dilakukan secara tertutup.

"Kejahatan yang dilakukan Emon itu tertutup, kalau geng motor kan terbuka, kelihatan, kalau perkelahian antar pelajar juga kan terbuka, kelihatan. Ini (Emon) kan tertutup, enggak kelihatan. Siapa yang mengira ada manusia seperti Emon?" kata Aher di Bandung, Senin, (12/5/2014).

Oleh karena itu, untuk menghindari kasus serupa, peran keluarga dan guru di sekolah sangat penting. Orangtua terutama, harus memantau lingkungan di mana anak-anak singgah.

"Ketika ada anak di rumah, peran orangtua harus jalan, anak-anak benar-benar harus diawasi, ketika di sekolah, guru-gurunya yang harus proaktif mengawasi. Ketika anak pulang sekolah harus ada yang mengawasi. Jadi perhatian kepada anak itu sangat penting sebetulnya. Kalau itu (perhatian) sudah jalan, sebetulnya tidak akan ada apa-apa," ujarnya.

Dikatakan Aher, kasus Emon menjadi perhatian khusus Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Ini masalah Jabar, ini jadi perhatian kita," katanya. Untuk itu gubernur akan membuat perda ketahanan keluarga. "Kita akan buat perda ketahanan keluarga, nanti kita rumuskan, penerapan sistem di provinsi seperti apa, di kabupaten/kota seperti apa, di kecamatan seperti apa, dan sampai di tingkat yang paling bawahnya seperti apa," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com