Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

JK: Pemuda Donorkan Darah adalah Generasi Hebat

Kompas.com - 03/05/2014, 21:33 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis


SEMARANG, KOMPAS.com – Ketua Umum Palang Merah Indonesia, Jusuf Kalla mengapresiasi atensi dari golongan muda untuk mendonorkan darahnya. JK menyebut kalangan muda yang berani mendonorkan darahnya itu sebagai generasi yang hebat.

“Saya kira ini adalah generasi yang paling hebat. Ini luar biasa, ini donor darah yang paling besar yang pernah kami hadiri di Indonesia,” kata JK saat meninjau donor darah di Semarang, Sabtu (5/3/2014).

Menurut JK, keberanian kaum muda mendonorkan darahnya bisa sampai 2500 kantong hingga 3000 kantong darah. Hal itu, kata JK, lantaran tiap daerah di Jawa Tengah serius dan mematuhi instruksi dari Gubernur Jawa Tengah.

“Ini bisa besar karena semua daerah di Jateng datang, mereka membawa segala macam. Dokternya juga dibawa. Jadi, itu luar biasa dan jarang terjadi,” sambung JK.

Mendengar pernyataaan JK, Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut serta mendampingi hanya tertawa kecil. Ganjar juga tersenyum mendengar sanjungan dari JK.

Secara nasional, ketersediaan kantong darah saat ini tersedia sekira 5 juta kantong. Khusus untuk jateng ada sekira 500 ribu kantong. “Jateng sendiri ada 10 persen. Jadi, jika dihitung di Jateng disini memperoleh 1.500 kantong perhari,” ulasnya.

Di Jateng, ketersediaan kantong darah 97 persen berasal dari sukarela. Pada tahun 2013, jumlah kantong darah berjumlah 500 ribu.

“Rinciannya, kelompok usia muda 17-30 tahun menyumbang 44 persen. 31 persen diantaranya berasal dari para Mahasiswa dan para pelajar. Itu menunjukkan jiwa sosialnya tinggi dan patut diacungi jempol,” ujar ketua panitia donor darah, Maduseno Widyoworo, Sabtu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com