Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil: Disney Bukan Ingin Membangun Disneyland

Kompas.com - 04/04/2014, 18:21 WIB
Kontributor Bandung, Putra Prima Perdana

Penulis


BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menjelaskan, perusahaan hiburan dan animasi, Disney, bukan bermaksud membangun wahana hiburan Disneyland di Kota Bandung. Pria yang akrab disapa Emil ini mengatakan, Disney memang berniat untuk melakukan investasi di Kota Bandung seperti yang diutarakan oleh Duta Besar Amerika Serikat, Robert Blake saat berkunjung ke Kantor Wali Kota Rabu (2/4/2014). Namun, mereka mencari animator dari Bandung.

"Bukan membangun Disneyland, tapi mereka tertarik dengan animator-animator Bandung yang bisa masuk ke dalam industri film-film animasi Disney," kata Emil saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (4/4/2014).

Emil pun mengaku sangat gembira mendengar rencana Disney tersebut. Menurutnya, hal tersebut menunjukkan bahwa talenta warga Kota Bandung memiliki daya tarik perusahaan film animasi dunia.

"Ini menunjukkan apresiasi perusahan film dunia terhadap kekuatan animator-animator di Bandung. Saya sebagai walikota karena mau membangun Bandung Creative City ingin menunjukan bahwa animator Bandung memiliki kualitas global," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mengatakan, Pemerintah Kota Bandung bakal menjajaki kerjasama dengan beberapa perusahaan besar Amerika Serikat (AS) dalam membangun Bandung Teknopolis yang akan dipusatkan di wilayah Gedebage, Kota Bandung.

Dalam pertemuan dengan Duta Besar AS, Robert Blake di Kantor Wali Kota Bandung, Rabu (2/4/2014) pagi, Robert mengatakan ada beberapa perusahaan AS yang tertarik untuk berinvestasi di Bandung Teknopolis. Blake menyebutkan, salah satu perusahaan besar tersebut adalah perusahaan hiburan Disney.

Emil tidak menampik ketika ditanya kemungkinan perusahaan yang terkenal dengan ikon Mickey Mouse tersebut bakal membangun wahana hiburan Disneyland di Kota Bandung. Menurut Emil, peluang tersebut akan dibahas dalam forum khusus antara Pemkot Bandung, Perusahaan-perusahaan AS serta Universitas-Universitas AS yang akan membahas secara rutin program-program yang akan dikerjakan.

"Nanti kita tanya apakah (Disneyland) bisa investasi disini," kata Emil di Balai Kota Bandung, Rabu pagi.

Emil menambahkan, kemungkinan besar Disneyland dibangun di Bandung. Pasalnya, Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia.

"Bandung itu turisnya sampai 6 juta orang. Karana leisure marketnya sangat besar, kedua setelah Bali," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com