Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ormas Oi Lampung Galang Dana untuk Satinah

Kompas.com - 26/03/2014, 12:47 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Badan Pengurus Kota (BPK) Ormas Oi Bandar Lampung menggelar penggalangan dana bagi buruh migran Indonesia, Satinah, yang terancam hukuman pancung di Arab Saudi, Rabu (26/3/2014).

Ketua panitia penggalangan dana untuk Satinah, Edi Purnomo mengatakan, puncak acara digelar di Kafe Dawiels sebagai bentuk kepedulian Ormas Oi terhadap nasib Satinah.

"Kami ingin membantu menyelamatkan Satinah dari hukuman pancung," ujar Edi.

Menurut Edi, acara penggalangan dana itu akan diisi dengan penampilan musik akustik dari beberapa komunitas musik di Lampung.

"Uang hasil penggalangan dana akan kami salurkan ke rekening Migrant Care atau rekening Melanie Subono," kata Edi.

Satinah adalah buruh migran asal Indonesia yang akan menjalani hukum pancung di Arab Saudi karena membunuh majikannya. Hukuman pancung Satinah bisa dibatalkan apabila Satinah membayar diyat sebesar Rp 21 miliar sampai batas waktu 3 April mendatang.

Sebelumnya, Anggota Komisi IX DPR RI Rieke Dyah Pitaloka menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Balai Kota. Bersama Direktur Migrant Care Anis Hidayah, keduanya meminta Jokowi membantu menyelamatkan Satinah, tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan dihukum pancung di Arab Saudi.

Menurut Rieke, sejak awal persidangan pada tahun 2007, Pemerintah Indonesia tidak pernah mendampingi Satinah, sedangkan sidang eksekusi Satinah tinggal tujuh hari lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com