Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Caleg Hanura Berikrar Siap Mundur jika Korupsi

Kompas.com - 20/03/2014, 18:11 WIB
Kontributor Jember, Ahmad Winarno

Penulis


JEMBER, KOMPAS.com — Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI, DPRD Provinsi Jatim, dan DPRD Kabupaten Jember dari Partai Hanura disumpah untuk tidak korupsi. Para caleg ini disumpah oleh Ketua Umum DPP Partai Hanura Wiranto.

Sumpah tersebut diucapkan di hadapan ribuan kader dan simpatisan saat kampanye terbuka, yang digelar di Gedung Serbaguna Jember, Jawa Timur, Kamis (20/3/2014).

Wiranto tiba di lokasi kampanye sekitar pukul 13.30 WIB, dan langsung disambut ribuan pendukungnya. Wiranto kemudian berorasi selama lebih kurang setengah jam.

Di akhir orasi politiknya, dia memanggil semua caleg DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten untuk naik ke panggung dan diperkenalkan.

Mantan Panglima TNI itu kemudian menyumpah semua calegnya agar tidak melakukan korupsi jika terpilih dalam pemilu legislatif (pilleg) nanti.

"Di hadapan rakyat Jember semua, saya ingin bertanya kepada saudara- saudara sekalian. Jika terpilih, apakah saudara-saudara sanggup memikul amanah rakyat?" tanya Wiranto. "Sanggup," jawab para caleg.

"Lalu, jika kemudian mengkhianati perjuangan rakyat, misalnya melakukan korupsi, apakah saudara bersedia mundur ramai- rami?" tanya Wiranto lagi. "Bersedia," teriak para caleg, disambut tepuk tangan para kader dan simpatisan.

Seusai mendengarkan ikrar para caleg itu, Wiranto mengaku tidak ingin partai yang dia dirikan dinodai oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. "Saya ingin partai bersih ini tak dinodai oleh oknum tidak bertanggung jawab, dengan melakukan korupsi saat terpilih sebagai wakil rakyat," tekan dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com