Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

36 Tempat Ibadah di Malang Rusak akibat Letusan Gunung Kelud

Kompas.com - 21/02/2014, 07:41 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

MALANG, KOMPAS.com - Data temuan pemerintah Kabupaten Malang, Jawa Timur, ada 36 tempat ibadah rusak terdampak letussan Gunung Kelud. Namun, jumlah tersebut masih dapat berubah karena data belum final.

"Dari temuan tim dari pemerintah Kabupaten Malang, sedikitnya 36 tempat ibadah, baik masjid dan mushala, yang diketahui rusak. Itu yang ada di Ngantang, Pujon, dan Kasembon," papar Bupati Malang, Rendra Kresna, Kamis (20/2/2014).

Gunung Kelud meletus pada Kamis (13/2/2014). Sejak Selasa (18/2/2014), warga sudah kembali mendatangi permukiman mereka untuk mulai membersihkan lingkungan dari material vulkanik Gunung Kelud. 

"Warga bergotong royong dibantu para relawan," kata Rendra. Dari 36 tempat ibadah yang rusak tersebut, kerugian ditaksir mencapai Rp 867,5 juta. "Seluruhnya akan dibantu oleh Pemkab Malang, dibantu pihak Pemprov Jatim dan Pemerintah Pusat," kata dia.

Rata-rata, ujar Rendra, kerusakan tempat ibadah berupa atap jebol. "(Tapi) ada juga yang roboh akibat abu vulkanik disertai angin," imbuh dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com