Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Tangkap Pemuda Pembawa Ganja 50 Kg di Bakauheni

Kompas.com - 20/02/2014, 22:25 WIB
Kontributor Lampung, Eni Muslihah

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Polres Lampung Selatan menangkap seorang pemuda berusia 18 tahun, Abdul Basyir, karena kedapatan membawa ganja sebanyak 50 kilogram. Ganja tersebut akan dijual di Surabaya, Jawa timur.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Bayu Aji saat dihubungi di Bandarlampung, Kamis (20/2/2014) menjelaskan, penangkapan terhadap kurir ganja itu bermula dari kecurigaan anggota kepolisian yang berjaga di loket pembelian tiket penyeberangan penumpang Pelabuhan Bakauheni terhadap pemuda yang membawa 2 kardus besar.

"Sekitar pukul 10.00 WIB, anggota kami memberhentikan penumpang yang gerak-geriknya mencurigakan, dan menggeledah kardus bawaannya, ternyata kardus tersebut berisi ganja sebanyak 50 paket," jelas Bayu Aji.

Setelah diperiksa, lanjut Batu, tersangka mengaku hanya kurir narkoba. Dia sudah 2 kali mengirim paket ganja dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa, atas suruhan seseorang berinisial SP.

"Kami masih melakukan pengembangan siapa SP ini," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan, anggotanya kerap menangkap penyelundup narkoba melalui jalur penyeberangan Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

"Dalam sebulan kami bisa menangkap 5 sampai 10 kasus narkoba dengan jumlah barang bukti relatif besar," kata Bayu.

Namun dari banyaknya penangkapan tersebut, ia menduga masih banyak lagi kasus penyelundupan narkoba yang luput dari pengawasan anggota kepolisian, mengingat minimnya alat deteksi narkoba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com