Gunung Kelud Jadi Siaga, Radius 5 Km Disterilkan - Kompas.com
BrandzView

Gunung Kelud Jadi Siaga, Radius 5 Km Disterilkan

Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
Kompas.com - 10/02/2014, 18:36 WIB
Kompas.com/M.Agus Fauzul Hakim Pengunjung menikmati pemandangan Kubah Lava Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. (dokumentasi)

KEDIRI, KOMPAS.com - Pusat Vulkonologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, dari Waspada (level II) menjadi Siaga (level III), Senin (10/2/2014).

"Betul (peningkatan status menjadi Siaga) sejak tadi jam 16.00 Wib," kata Hendrasto, Kepala Pusat PVMBG saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin.

Peningkatan status tersebut, kata Hendrasto, diputuskan setelah melihat adanya peningkatan aktivitas kegempaan baik gempa vulkanik dangkal maupun gempa vulkanik dalam, serta peningkatan suhu air.

"Semuanya meningkat. Peningkatan aktivitas mulai terjadi sejak dua hari terakhir," katanya.

Implikasi dari peningkatan status itu, kata dia, PVMBG merekomendasikan adanya sterilisasi wilayah dari aktivitas manusia dalam radius 5 kilometer dari pusat erupsi. Sebab, pada level Siaga ini mempunyai potensi letusan-letusan kecil.

"Nanti kalau ada peningkatan lagi, baru dinaikkan status lebih tinggi," pungkasnya.

Camat Ngancar, Kabupaten Kediri, Ngaseri, menyatakan, masih menunggu instruksi dari kepala daerah terkait pengungsian penduduk. Meski demikian, dia menambahkan, pada intinya masyarakat sudah siap sedia.

Sebelumnya, sejak Minggu (2/2/2014), gunung yang mempunyai ketinggian 1.731 Mdpl itu meningkat statusnya dari Normal Aktif menjadi Waspada. Pemerintah daerah sudah menyiapkan beberapa rencana dalam menghadapi kemungkinan Kelud meletus.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim
EditorFarid Assifa
Komentar
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM