Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendal Waspadai Unggas dari Kudus, Pati, dan Jepara

Kompas.com - 04/02/2014, 04:57 WIB
Kontributor Kendal, Slamet Priyatin

Penulis

KENDAL, KOMPAS.com - Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebundan dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, mengimbau masyarakat Kendal mewaspadai unggas dari Pati, Kudus, dan Jepara. Tiga daerah tersebut saat ini tergenang banjir sehingga unggas dari wilayah itu rentan terserang penyakit.

“Pati, Kudus dan Jepara masih terendam banjir sehingga mempunyai risiko unggas asal daerah tersebut mengidap penyakit," kata Kepala Bidang Peternakakan DP3K Kabupaten Kendal, Eko Tri Jatmiko, Senin (3/2/2014). Bila tetap mendatangkan unggas dari ketiga daerah itu, dia menyarankan kesehatan ternak tersebut dipastikan terlebih dahulu.

“Cuaca ekstrem pada awal 2014 ini, bisa membuat ternak unggas terkena virus flu burung,” imbuh Eko. Dia mengatakan bahwa DP3K Kabupaten Kendal melakukan pula upaya preventif berupa sosialisasi tentang risiko penyebaran flu burung tersebut hingga ke tingkat kecamatan dan desa.

Selain itu, kata Eko, DP3K juga melakukan penyemprotan dan vaksinasi terhadap unggas para peternak. "Gratis," ujar dia. Menurut Eko, unggas di tiga dari 20 kecamatan di Kabupaten Kendal rawan tertular penyakit flu, yakni Rowosari, Patebon, dan Kendal.

"Biasanya virus ini menyerang ayam kampung yang tak mendapat vaksin dan dibiarkan beredar liar," kata Eko. Dia pun meminta masyarakat mewaspadai kemungkinan unggas mereka terserang flu dan meminta masyarakat segera melapor bila menemukan unggas yang mati mendadak di wilayahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com