Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekonstruksi Langsung Digelar di Lokasi Tabrakan KA Senja Utama

Kompas.com - 23/01/2014, 13:30 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pascaterjadinya tabrakan empat sepeda motor dengan Kereta Api (KA) Senja Utama Solo di pintu perlintasan 732, Dusun Tegalyoso, Desa Banyuraden, Kecamatan Gamping, Sleman, Kamis (23/01/2014) pagi, aparat Kepolisian Polres Sleman dibantu Polda DIY langsung mengelar rekonstruksi.

Rekonstruksi digelar untuk mengetahui kronologi kejadian dan melihat faktor kelalaian yang menimbulkan meninggalnya empat orang dan satu luka berat.

"Penjaga pintu KA langsung kita amankan dan saat ini masih dimintai keterangan di Mapolsek Gamping," kata Kepala Polres Sleman AKBP Ihsan Amin, saat ditemui di lokasi kejadian siang tadi.

Ihsan menungkapkan, tidak tertutup kemungkinan ada faktor human error dalam kejadian ini, namun masih perlu pendalaman. Guna untuk mengetahui kronologi dan penyebab kejadian polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) sekaligus mengelar rekonstruksi.

"Kami masih dalami kasus ini. Apakah ada faktor kelalaian dari pihak pengendara, penjaga lintasan atau sistem perlintasanya," kata dia.

Sampai saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan mengumpulkan keterangan dari para saksi. Dari lokasi kejadian polisi mengamankan barang bukti berupa empat sepeda motor yang dikendarai korban.

Terlihat empat motor dalam kondisi rusak berat, tiga di antaranya dalam keadaan terbakar. "Kita akan mengumpulkan keterangan sebanyak-banyaknya untuk melengkapi hasil olah TKP," ucapnya.

Sementara itu, empat korban meninggal dunia saat ini berada di RS Sardjito, sedangkan satu korban selamat Akhmad Pratomo (18) warga Balecatur Gamping dirawat di RS PKU Gamping.

Seperti diberitakan sebelumnya, lima pengendara sepeda motor tertabrak Kereta Api (KA) Senja Utama Solo di pintu perlintasan 732 dusun Tegalyoso desa Banyuraden Kecamatan Gamping Sleman Kamis (23/01/2014) sekitar pukul 06.50 Wib. Akibat kecelakaan ini empat orang tewas dengan kondisi tubuh terbakar dan satu orang mengalami luka berat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com