Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bendungan Katulampa Masih Siaga IV

Kompas.com - 19/01/2014, 09:38 WIB
Robertus Belarminus

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggi muka air di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, Minggu (19/1/2014) sampai pukul 07.50 WIB berada pada posisi siaga IV dengan ketinggian air 90 centimeter. Posisi ini bertahan sejak Minggu dini hari, meski mengalami sedikit peningkatan.

Petugas jaga Bendungan Katulampa, Iwan, menyatakan, peningkatan debit air setinggi 10 centimeter sempat terjadi pada pukul 04.00 WIB, meski masih dalam status siaga IV.

"Pagi ada kenaikan sampai 100 centimeter. Tapi sudah mulai turun jam tujuh pagi tadi. Sekarang posisi ketinggian Katulampa 90 centimeter, siaga IV," jelas Iwan saat dihubungi Kompas.com, Minggu pukul 07.50 WIB.

Iwan mengatakan, hujan gerimis juga dilaporkan masih mengguyur kawasan Puncak, Bogor. Hujan gerimis juga turun di sekitar Bendungan Katulampa.

Iwan berharap, hujan dapat reda sehingga tidak terjadi peningkatan debit air di Bendung Katulampa. "Kita berdoa mudah-mudahan jangan ada peningkatan lagi," ujar Iwan.

Sementara Pintu Air Depok saat ini berstatus Siaga III dengan tinggi muka air 230 centimeter. Adapun di Pintu Air Manggarai, tinggi air berada di posisi 910 centimeter atau siaga III. Keadaan di Pintu Air Manggara menurun setelah sebelumnya sempat menyentuh 960 centimeter atau siaga I pada Jumat malam, dan turun lagi pada Minggu dini hari di 930 centimeter pada siaga II sampai siaga III saat ini.

Meski demikian, melihat hujan yang masih mengguyur, kemungkinan situasi tersebut dapat saja berubah hingga berita ini ditayangkan. Warga diimbau untuk tetap mewaspadai ancaman banjir di puncak hujan yang mulai terjadi di awal tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com