Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Rendam Jalur Trans-Sulawesi di Pinrang

Kompas.com - 01/01/2014, 11:10 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


PINRANG, KOMPAS.com — Jalur trans-Sulawesi terendam banjir, Rabu (1/1/2014), setelah tiga sungai besar di Kecamatan Duampanua, Pinrang, Sulawesi Selatan, meluap akibat hujan deras yang mengguyur wilayah ini sejak Selasa (31/12/2013) kemarin. Banjir terjadi di jalur trans-Sulawesi, tepatnya di Desa Bungi, Kecamatan Duampanua, Pinrang. Jalur ini merupakan jalur vital yang menghubungkan Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Utara.

Hujan deras menyebabkan sungai tak mampu menampung debit air.  

Warga yang akan mengisi liburan tahun baru bersama keluarga pun terjebak banjir. Bahkan, nyaris terjadi keributan saat mereka berebut untuk melintasi badan jalan yang terbatas sehingga menyebabkan kendaraan saling senggol. Tak ada petugas yang mengatur lalu lintas. Para pengendara yang melintas pun dibantu warga setempat untuk menembus banjir.

Menurut salah seorang warga, Pelda Zaenal, banjir ini tergolong parah dibandingkan yang pernah terjadi sebelumnya.

“Tiga muara sungai meluap sementara air laut sedang pasang bersamaan makanya banjir tak bisa dihindari. Semoga ada pengerukan muara sungai yang dangkal untuk mengantisipasi banjir,” kata Zaenal.

Selain merendam jalur trans-Sulawesi, banjir juga merendam ribuan rumah warga, areal pertanian, dan perkebunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com