Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Tahun Baru, Jalan di Pusat Kota Tasik Ditutup Mulai Sore

Kompas.com - 31/12/2013, 16:36 WIB
Kontributor Ciamis, Irwan Nugraha

Penulis

TASIKMALAYA, KOMPAS.com - Kepala Polres Tasikmalaya Kota melalui Kasubag Humas AKP Iwan menyatakan, menjelang malam tahun baru, beberapa di pusat kota akan ditutup mulai Selasa (31/12/2013) sore. Penutupan jalan akan dilakukan dari pukul 18.00 sampai 13.00 dini hari.

"Jalan di pusat kota seperti Jalan KH Z Mustofa, Jalan Dokter Sukardjo, dan Jalan Yudanegara, akan ditutup mulai sore nanti menjelang perayaan malam tahun baru," jelas Iwan kepada Kompas.com, Selasa sore.

Penutupan ketiga jalan utama ini, kata Iwan, untuk menghindari potensi kemacetan kendaraan saat malam pergantian tahun. Soalnya, di Jalan KH Z Mustofa, Kota Tasikmalaya, biasanya dijadikan lokasi berkumpulnya warga saat malam tahun baru. Apalagi, jalan yang biasanya diberlakukan one way tersebut, merupakan kawasan pusat bisnis Kota Tasikmalaya.

"Warga nantinya hanya bisa jalan kaki di kawasan itu. Di tahun-tahun sebelumnya, jalan ini biasa dipenuhi masyarakat menjelang detik-detik pergantian tahun," kata Iwan.

Dia menilai, Jalan HZ Mustofa menjadi pusat keramaian warga pada malam tahun baru karena terdapat pesta kembang api, termasuk bazar murah di beberapa toko swalayan di kawasan itu.

Beberapa peleton petugas kepolisian pun akan ditempatkan di beberapa titik kawasan tersebut. Petugas lalu lintas pun disiapsiagakan di beberapa jalan rawan macet untuk mengatur adanya konvoi kendaraan seusai pergantian tahun.

"Biasanya, sesudah berkumpul, warga akan konvoi kendaraan. Kita sudah siap siaga menempatkan anggota di beberapa titik rawan kemacetan," jelas Iwan.

Sesuai informasi yang dihimpun, beberapa acara perayaan malam tahun baru akan dilakukan di beberapa lokasi pusat kota. Salah satunya, acara di Hotel Santika Tasikmalaya di Jalan Yudanegara, Plaza Asia di Jalan KH Z Mustofa, Mayasari Plaza di Jalan Veteran, dan beberapa tempat hiburan lainnya di pusat kota Tasikmalaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com