Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Megawati Sempatkan Diri Kunjungi Beringin Soekarno di Jogja

Kompas.com - 28/12/2013, 20:05 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis


YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Usai mengisi acara diskusi temu alumni di Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri dan Gubernur DKI Jakarta Jokowi menyempatkan diri mengunjungi pohon beringin yang ditanam oleh Sang Proklamator Soekarno di kompleks universitas tersebut.

Pohon yang terkenal dengan nama "Beringin Soekarno" itu di tanam oleh presiden pertama Republik Indonesia pada tahun 1960.

Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Paulus Wiryono S.J. menuturkan, kampus tersebut dibangun pada tahun 1955 dengan nama PTPG Sanata Dharma. Lalu setelah banyak mahasiswa yang mulai masuk dibangunlah asrama mahasiswa Realino pada tahun 1960.

"Rektor pertama, Prof. Dr. N. Driyarkara S.J. dekat dengan Bung Karno. Makanya ketika pembangunan asrama ini selesai, Soekarno-lah yang meresmikan sekaligus dengan menanam pohon beringin ini," terang Rektor Universitas Sanata Dharma (USD) Paulus Wiryono S.J, Sabtu (28/12/2013).

Selain dekat, rektor pertama Prof. Dr. N. Driyarkara S.J. merupakan salah satu tokoh yang terus mengawal dan merawat makna-makna Pancasila serta pemikiran-pemikiran kebangsaan Soekarno.

Semangat kebangsaan itu diekspresikan dalam tulisan-tulisan, yang sebagian besar mengenai Pancasila dan negara.

"Gagasan-gagasan Romo Driyarkara S.J. sejalan dengan pemikiran Presiden Pertama RI Soekarno," ujar dia.

Sementara itu dosen Ilmu Sejarah Univeritas Sanata Dharma (USD) Silverio R. L. Aji Sampurno menambahkan, asrama Realino dulu tidak hanya digunakan untuk mahasiswa Sanata Dharma saja, namun juga mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Hubungan baik dengan rektor pertama, Prof. Dr. N. Driyarkara S.J itulah yang membuat Soekarno mau meresmikan asrama Realino pada waktu itu.

"Beringin dilambangkan Bung Karno sebagai pohon yang mampu mengayomi banyak orang. Akarnya mampu menampung air, yang tentunya diartikan air sebagai sumber kehidupan," ucap dia.

Usai mengisi acara diskusi di Gedung Pusat Universitas Sanata Dharma (USD), Megawati Soekarnoputri didampingi Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan rektor Universitas Sanata Dharma Paulus Wiryono S.J juga menandatangani prasasti yang nantinya diletakkan di depan Beringin Soekarno.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com