Kamis, 31 Juli 2014

News / Regional

100 Pawang Hujan Disiapkan untuk Menyambut Presiden SBY

Selasa, 3 Desember 2013 | 23:08 WIB
KOMPAS.com/Taufiqurrahman Baliho Presiden Susilo Bambang Yudhoyoo di depan rumah dinas Bupati Pamekasan berdiri tegak menyambut kedatangan Presiden dan rombongan di Pamekasan, Jawa Timur, 5 Desember 2013.

SUMENEP, KOMPAS.com — Tidak hanya pasukan keamanan yang dikerahkan Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk menyambut kedatangan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (4/12/2013), tetapi "pasukan" pawang hujan pun dilibatkan untuk mengantisipasi turunnya hujan saat kunjungan Presiden SBY ke Sumenep.

Sufianto, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Sumenep, mengatakan, pawang hujan yang dikerahkan jumlahnya mencapai 100 orang. Mereka berasal dari beberapa kecamatan, di antaranya Kecamatan Kalianget, Talango, Gapura, Batu Putih, Dasuk, Ambunten, Pasongsongan, dan Kecamatan Rubaru.

"Mereka akan menjalankan tugasnya di masing-masing kecamatan sesuai dengan tempat tinggalnya," ungkap Sufianto, Selasa (3/12/2013).

Pawang hujan itu, kata Sufianto, akan mengendalikan hujan saat Presiden SBY berkunjung ke Sumenep. Dengan demikian, agenda SBY di Sumenep bisa berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, jika nantinya tetap turun hujan, pihaknya tidak akan menyalahkan pawang hujan karena mereka hanya berusaha dan memohon.

Selain pawang hujan, sarana dan prasarana yang dibutuhkan Presiden SBY juga semuanya sudah disiapkan secara matang berdasarkan petunjuk dari Sekretariat Negara. Presiden, menurut Sufianto, akan tiba di Kabupaten Sumenep besok siang sekitar pukul 13.30 WIB, setelah melakukan kunjungan ke Kabupaten Sampang. Setibanya di Sumenep, Presiden SBY akan berkunjung ke Gedung Adi Poday untuk melihat langsung kerajinan khas Sumenep.

Malam harinya, Presiden akan bertatap muka sekaligus berdialog dengan para ulama dan tokoh masyarakat. Presiden SBY akan bermalam di Sumenep dan keesokan harinya akan berkunjung ke Pamekasan.


Penulis: Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman
Editor : Farid Assifa