Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari AIDS, Aksi Teatrikal Digelar di Jalan

Kompas.com - 30/11/2013, 12:04 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Banyuwangi bersama ratusan pelajar Banyuwangi dan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat serta kelompok peduli AIDS turun ke jalan untuk memperingati Hari AIDS, Sabtu (30/11/2013).

Longmarch dimulai dari depan Kantor Kecamatan Banyuwangi menuju ke pusat kota Simpang Lima Banyuwangi. Mereka membagi-bagikan selebaran dan poster yang berisi tentang bahaya HIV AIDS kepada pengguna jalan.

Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok Mahaswa Peduli AIDS itu juga melakukan aksi teatrikal yang menggambarkan perilaku diskriminasi kepada orang yang positif HIV.

Muhammad Ulin Nuha Koordinator Kelompok Mahasiswa Peduli AIDS Banyuwangi menjelaskan, aksi teatrikal tersebut sengaja ditampilkan agar masyarakat tidak lagi melakukan diskriminasi kepada penderita yang positif HIV.

"Sampai saat ini penderita HIV selalu mendapatkan stigma negatif dari masyarakat. Karena apa? karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang penyakit HIV AIDS yang masih menganggap bahwa penyakit HIV AIDS adalah penyakit kutukan. Hal ini perlu kami luruskan. Mereka yang positif punya hak yang sama dengan kita," jelasnya.

Selain itu, Ulin juga berharap agar kedepannya ada upaya hukum dalam upaya melindungi orang yang terinfeksi HIV dari stigma dan diskriminasi.

Hal senada juga diungkapkan Titin, Ketua Ikatan Waria Banyuwangi. Ia juga mengungkapkan, dalam aksi damai tersebut mereka ingin menyampaikan pesan kepada masayarakat untuk setia pada pasangan dan berperilaku seks yang aman.

"Ini sangat penting karena salah satu penularan HIV AIDS bisa melalui hubungan intim" ungkapnya.

Sementara itu Ketua KPA Banyuwangi Erna Agustina menjelaskan, Hari AIDS sendiri sebenarnya diperingati setiap tanggal 1 Desember.

"Hari ini Sabtu (30/11/2013) adalah rangkaian awal kampanye pencegahan AIDS sebelum aksi lain pada 1 Desember nanti. Dan tema hari AIDS 2013 ini adalah selamatkan pekerja, keluarga dan bangsa," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com