Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Pilgub Maluku, 5.000 Personel Keamanan Disiagakan

Kompas.com - 25/11/2013, 20:07 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Kepolisian Daerah Maluku dan Kodam XVI/Pattimura menyiapkan sekitar 5.000 personel gabungan untuk mengawal Pemilihan Gubernur Maluku putaran kedua pada 14 Desember 2013.

"Kami bekerja sama dengan Kodam Pattimura mempersiapkan pengamanan untuk pilgub putaran kedua dengan melibatkan personel gabungan," kata Kapolda Maluku, Brigjen Polisi Muktiono di Ambon, Senin (25/11/2013).

Dari unsur Polri yang disiapkan sekitar 4.000 orang dan sisanya 1.000 lebih aparat TNI akan disebarkan pada berbagai lokasi pada sembilan kabupaten dan kota di Provinsi Maluku saat pilgub berlangsung.

Kapolda juga mengimbau seluruh komponen masyarakat di daerah ini untuk sama-sama menjaga situasi dan kondisi keamaman serta ketertiban masyarakat.

"Pengamanan ini bukan saja difokuskan untuk pilkada, tapi akan terus berlanjut hingga pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan legislatif maupun Pilpres tahun depan," kata Kapolda.

Polda Maluku bersama Kodam XVI/Pattimura juga telah melakukan rapat koordinasi dengan KPU Maluku untuk membahas berbagai tahapan pilkada gubernur dan wagub yang sudah dijadwalkan berlangsung tangal 14 Desember 2013.

Sedangkan Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Eko Wiratmoko menjelaskan, untuk membantu Polri dalam pengamanan Pilkada Maluku, pihaknya menyiapkan 1.000 personil ditambah dengan personil cadangan yang disiagakan.

"Kami sudah siapkan personil namun tergantung permintaan Polri, kalau misalnya diminta 1.000 kami siap bantu dan kami tetap siagakan personil cadangan kalau sewaktu-waktu diminta," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com