Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Modal, Kernet Bus Maju Jadi Caleg

Kompas.com - 25/11/2013, 12:16 WIB
Kontributor Surakarta, M Wismabrata

Penulis


SUKOHARJO, KOMPAS.com — Seorang kernet bus di Sukoharjo, Jawa Tengah, mencalonkan diri menjadi anggota legislatif. Ismanta (50), warga Perumahan Joho Baru, Sukoharjo, itu mencalonkan diri untuk menjadi wakil bagi masyarakat di tanah kelahirannya, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kernet bus jurusan Solo-Purwantoro itu mengaku merasa terpanggil untuk membangun daerah terpencil yang setiap harinya dia lalui saat bekerja, terutama di sepanjang jalur Solo-Wonogiri-Gunungkidul.

Isamanta mendaftarkan diri dan mendapat urutan ke-18 untuk wilayah Dapil IV, Gunung Kidul, DIY. Suami dari Sutarni tersebut memilih kendaraan partai Nasional Demokrat (Nasdem).

"Saya berangkat dengan tangan kosong, tidak ada dana sepeser pun untuk persiapan kampanye. Saya hanya ingin mencoba mewujudkan cita-cita saya untuk membangun daerah terpencil dan meningkatkan pariwisata," kata Ismanta kepada wartawan, Senin (25/11/2013).

Ismanta bercerita bahwa dana tidak menjadi halangan untuk maju menjadi caleg. Orang yang tidak berduit pun berhak untuk menjadi caleg. "Saya justru mengajak kepada orang-orang yang tidak berduit untuk percaya diri dan jangan takut untuk melangkah maju," katanya.

Awal mula Ismanta memutuskan untuk maju menjadi caleg adalah banyaknya kasus korupsi di pemerintahan dan di satu sisi dirinya melihat masih banyak daerah pedesaan yang tertinggal dan kondisinya memprihatinkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com