Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Gaya Sisiran Harmoko Pun Sesuai Petunjuk Soeharto

Kompas.com - 28/10/2013, 09:03 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadikan perkataan khas mantan Menteri Penerangan dan Ketua MPR di era Orde Baru, Harmoko, sebagai bahan lawakan.

Perkataan khas Harmoko, yakni "atas petunjuk Bapak Presiden", menjadi guyonan Ganjar saat ia menjadi pembicara dalam Kongres Pemuda Ke-2 yang digelar di Gedung Graha Sabha Pramana UGM, Bulaksumur, Yogyakarta, Minggu (27/10/2013) kemarin.

"Gaya sisiran Pak Harmoko pun sudah 'sesuai petunjuk Presiden Soeharto'," kata Ganjar disambut gelak tawa penonton.

Ganjar bercerita, pada masa Orde Baru, televisi sering menayangkan laporan dari pejabat, termasuk Harmoko, sehingga membuatnya jengkel. "Sayang sekarang anak muda tidak tahu Harmoko," kata Ganjar.

Tentu saja, Ganjar hanya bercanda. Ia menggambarkan performa pejabat zaman dulu tidak lagi relevan dengan kondisi saat ini.

"Dulu pejabat banyak protokol, berbaju safari, bercincin akik besar. Sekarang pemimpin harus mudah dihubungi, merakyat, dan banyak melihat langsung keadaan di lapangan," kata Ganjar.

Ganjar mencontohkan sosok rekannya sesama kader PDI-P dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo sebagai panutan yang cocok.

Menurut Ganjar, sebenarnya kebiasaan blusukan dulu sering dilakukan oleh Bung Karno dan Soeharto saat menjadi Presiden RI. Namun, dulu masyarakat tidak bisa langsung menyentuh pemimpinnya.

Hal ini berbeda dengan Jokowi. "Sekarang semua orang punya HP berkamera, jadi semua minta foto bareng," ujar Ganjar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com