Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Pasangan Pengantin Nikah "Bareng" di Titik Nol Km

Kompas.com - 10/10/2013, 17:28 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com — Sebanyak 16 pasang pengantin mengikuti acara nikah bareng di Titik Nol Km Yogyakarta, Kamis (10/10/2013). Dalam rangkaian acara nikah bareng ini juga digelar kegiatan donor darah dan penanaman pohon sebagai bentuk manifestasi generasi yang peduli akan sosial dan lingkungan alam.

Mengambil tema "Jogja a Thousand Weddings to Green", acara unik ini diadakan oleh Forum Ta'aruf Indonesia (FORTAIS) dalam rangka menyemarakkan HUT Ke-257 Kota Yogyakarta dan HUT Ke-86 TNI, serta HUT Ke-63 Kodam IV Diponegoro.

"Jadi selama tiga tahun ditambah 16 pasangan yang menikah hari ini lengkap jumlahnya 1.000 pasangan," ujar Ketua Forum Ta'aruf Indonesia (FORTAIS) Ryan Budi Nuryanto saat ditemui di sela-sela acara tersebut.

Acara dimulai dengan prosesi kirab 16 pasangan yang berjalan dari dalam Benteng Vredeburg menuju depan Gedung Agung. Dua orang penari pentul tembem berjalan paling depan yang berfungsi sebagai "reresik" atau pembuka jalan. Di belakangnya diikuti maskot dua Putri Hijau dengan gaun modifikasi, body painting, mahkota daun, dan tongkat bambu sebagai lambang alam semesta.

Kedua maskot tersebut diiringi sepasang "pager ayu" dan "pager bagus" yang adalah warga negara asing. Sesampainya di depan Gedung Agung Yogyakarta, ke-16 pasangan pengantin dipersilakan duduk dan beristirahat.

Selesai dilakukan pendataan data diri setiap pasangan pengantin, acara dilanjutkan dengan ijab kabul dalam bahasa Jawa yang dipimpin oleh Kepala KUA Gondomanan Abd Su'ud. "15 pasangan berjajar di depan Gedung Agung, dan satu pasangan melangsungkan ijab kabul di titik Nol Km," tandasnya.

Acara nikah bareng ini ditutup dengan resepsi kerakyatan, yakni seluruh keluarga pengantin, dan bahkan masyarakat umum makan bersama di angkringan yang telah disediakan oleh panitia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com