Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, 10 SPBG Dibangun di Jatim

Kompas.com - 26/09/2013, 19:19 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis


SURABAYA, KOMPAS.com - Hingga pertengahan 2014 mendatang, akan dibangun 10 titik Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Jawa Timur. SPBG tersebut khusus hanya melayani angkutan taksi dan angkutan bus antarkota. Ke-10 titik SPBG tersebut, empat unit di antaranya akan dibangun di Surabaya serta di Malang, Kertosono, Probolinggo, Jember, Banyuwangi, dan Situbondo.

''Di Surabaya sebelumnya sudah ada dua yang beroperasi, yakni di Jalan Margomulyo, dan di kawasan Waru,'' kata Direktur PT Citra Nusantara Energi, Marsaid, saat Diskusi Panel Pengembangan SPBG di Jawa Timur, Kamis (26/9/2013) di Surabaya.

Masing-masing SPBG itu, kata Marsaid, memiliki kapasitas sebesar 8 Million Matric Standart Cubic Feet Per Day (MMSCFD). Pasokan gas yang mengaliri SPBG ini diperoleh dari PT Bayu Buana Gemilang yang berasal dari Lapangan Gas Terang Sirasun, Batur.

''Kapasitas itu mampu melayani 3 ribu angkutan taksi, dan 1.500 angkutan bus per harinya,'' terangnya.

Selain membangun dan menjual bahan bakar alternatif transportasi berupa gas, perusahaan swasta ini juga akan lebih intensif memperkenalkan perangkat yang digunakan oleh kendaraan khusus untuk mengoperasikan gas, dengan skema pembayaran tertentu antara konsumen dengan penyedia gas.

Di Jatim sendiri, pemakaian gas untuk transportasi dinilai sangat minim. Padahal, kuota yang disediakan oleh pemerintah untuk Jawa Timur sebesar 10,2 juta MMSCFD. ''Kendaraan plat merah saja, hanya 100 unit yang memakai bahan bakar gas,'' kata Kepala Dinas ESDM Provinsi Jatim, Dewi Putriatni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com