Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Tiga Tahun Jatuh dari Lantai 3 Mal

Kompas.com - 12/08/2013, 10:13 WIB
Kontributor Balikpapan, Dani Julius

Penulis


BALIKPAPAN, KOMPAS.com — Seorang bocah berusia tiga tahun terjatuh dari tingkat 3 sebuah pusat perbelanjaan besar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu (11/8/2013). Bocah itu mengalami patah lengan tangan kiri bagian atas.

Hanif, bocah itu, jatuh hingga lantai lower ground yang jaraknya tiga lantai di bawahnya, tak lama setelah bermain di ujung eskalator yang sedang bergerak menuju lantai di bawahnya.

Hanif jatuh dan menimpa sebuah wahana bioskop mini berbentuk boks berukuran 8 x 4 x 3 meter yang terbuat dari kayu lapis, sebelum jatuh ke lantai. 

Ia segera dilarikan pengunjung dan pengelola pusat perbelanjaan tersebut ke Rumah Sakit Tentara RR Harjanto. "Salah saya. Kejadian ini murni salah saya," kata Arsyat, ayah dari Hanif.

Hanif adalah anak kedua dari Arsyat. Keduanya menghabiskan libur panjang setelah Lebaran di pusat belanja yang dikenal sebagai E-Walk bersama istri dan kakak dari Hanif. Arsyat menuturkan, Hanif merupakan anak yang aktif dan lincah.

Oleh karena itu, kedua orangtuanya tidak pernah melepaskan pengawasan terhadap Hanif. Hal ini tak terkecuali ketika mereka berempat berkunjung ke E-Walk sejak siang hari. Ketika peristiwa itu terjadi, mereka tengah melihat-lihat barang yang dipajang di dekat eskalator turun.

"Sebenarnya sudah saya pegangi. Dia kemudian ingin jalan di depan saya, maka saya lepaskan. Tak lama dia jalan ke samping lalu ke belakang saya. Baru saya balik badan, saya sudah lihat dia terangkat (di karet eskalator) dan jatuh ke bawah. Saya hanya bisa pingsan. Istri dan orang-orang di mal ini yang membawa dia ke rumah sakit," kata Arsyat.

Karyawati sebuah konter merek kosmetik setempat, Rina, mengaku shock menyaksikan kejadian ini dari kejauhan. Ia mengungkapkan bahwa sang bocah memang bergerak lincah di seputar kedua orangtuanya. Dia kemudian berhenti di tangga berjalan yang mengarah turun.

"Jaraknya dengan orangtuanya sekitar semeter saja. Cuma anaknya ada di belakang orangtuanya. Tak sempat berkata apa-apa, anak itu tiba-tiba terangkat dan seperti jatuh," kata Rina.

E-Walk merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Balikpapan saat ini. E-Walk berdiri dengan lima lantai, dan tiap lantai berjarak sekitar 5 meter. Lantai teratas bisa dicapai dengan menaiki anak tangga ataupun eskalator dari berbagai tempat.  

Seperti tempat hiburan, mal, dan pusat perbelanjaan lain, E-Walk sangat ramai oleh pengunjung pada hari libur panjang di masa Lebaran. Tentu kejadian ini mengundang perhatian pengunjung yang lain. "Saya tidak lihat dia sedang apa di atas. Cuma kami di sini kaget, kok ada anak kecil bisa terjun ke bawah di depan mata kami," kata Janah, salah seorang pengunjung.

Hanif terselamatkan oleh wahana bioskop berbentuk kotak persegi tersebut, yang berada di lantai terbawah. Hanif jatuh menimpa wahana ini sebelum kemudian jatuh ke lantai.

"Saya terkejut ada suara gedebuk keras di atas saya. Saya tengok ke belakang sudah terbaring dia di situ. Ia langsung dikerumini orang. Saya baru tahu kalau dia jatuh dari lantai atas, menimpa boks di atas kepala saya, lalu jatuh tepat di belakang kursi saya," kata Tina Lensun, penjaga karcis wahana bioskop 4 dimensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com