Kamis, 27 November 2014

News / Regional

Sampai H-7, Cek dan Perbaikan DPT Pilgub Jatim Bisa Pakai SMS

Sabtu, 20 Juli 2013 | 10:05 WIB
SURABAYA, KOMPAS.com — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengkritisi dan memperbaiki daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Gubernur Jawa Timur hingga H-7 pemungutan suara. Pemilu Gubernur Jawa Timur dijadwalkan berlangsung pada 29 Agustus 2013.

"Pemutakhiran antara lain bisa melalui SMS ke nomor 089622266635," kata Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad, Jumat (19/7/2013). KPU Jatim pada hari tersebut telah menetapkan DPT untuk pemilu gubernur dengan pemilih yang terdata mencapai 30.019.300 orang.

Untuk memutakhirkan data pemilih melalui jalur SMS tersebut, Andry mengatakan, format yang dipakai adalah dengan mengetik rangkaian "DP<spasi>Nomor_Induk_Kependudukan" tanpa tanda petik.

Menurut Andry, data tersebut akan langsung diproses bila memang valid untuk langsung mendapatkan undangan mengikuti pemungutan suara. ''Masyarakat yang sudah terdaftar maupun belum (bila mengirim SMS dengan format tersebut) akan mendapatkan balasan konfirmasinya,'' kata dia.

Rapat pleno KPU Jawa Timur menetapkan DPT untuk pemilu gubernur provinsi ini, Jumat petang. Dari jumlah pemilih yang terdata, 14.805.723 di antaranya adalah laki-laki dan 15.213.577 perempuan. Pemungutan suara akan dilakukan di 71.033 tempat pemungutan suara. "Dengan e-KTP, diharapkan pada pilgub tahun ini tidak akan ditemukan kasus DPT palsu seperti pada Pilgub Jatim 2008,'' harap Andry.

Pilgub Jawa Timur pada 2013 diikuti tiga pasangan calon kandidat. Mereka adalah pasangan petahana dengan nomor urut 1 Soekarwo-Saifullah Yusuf, pasangan nomor urut 2 Eggi Sudjana-Muhammad Sihat, dan pasangan nomor urut 3 Bambang Dwi Hartono-Said Abdullah. Soekarwo-Syaifullah diusung mayoritas partai parlemen dan non-parlemen, Eggi-Sihat maju dari jalur independen, sementara Bambang-Said diusung PDI Perjuangan.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Penulis: Kontributor Surabaya, Achmad Faizal
Editor : Palupi Annisa Auliani