Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Biru Laut Ekor Blorok Pertama Terekam di Danau Limboto

Kompas.com - 16/01/2017, 15:44 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Seekor burung Biru Laut Ekor Blorok (Liposa lapponica) terlihat sedang mencari makan di persawahan pinggiran Danau Limboto, Gorontalo, Senin (16/1/2017).

Kehadiran burung berukuran sedang, sekitar 37 senitemeter, ini merupakan perjumpaan pertama kali yang dialami para pengamat burung di Gorontalo.

“Burung Biru Laut Ekor Blorok yang terlihat di danau Limboto tadi pagi adalah subspesies Liposa lapponica menzbieri, jenis ini  menggunakan  jalur terbang (flyway) east-asian australian,” kata Panji Ahmad Fauzan, staf biodiversitas Burung Indonesia.

Panji menuturkan, burung Biru Laut Ekor Blorok ini baru pertama diketahui berada di Danau Limboto. Ia mengaku sudah membongkar arsip pengamatan burung yang dilakukan bersama kelompoknya, namun belum ada catatan sebelumnya.

“Asalnya dari Siberia Utara, saat musim dingin di tempatnya, burung ini  terbang ke arah selatan, menyinggahi Asia Tenggara dan Australia Barat Daya,” jelas Panji.

Kemunculannya di pinggiran Danau Limboto hanya seekor. Individu ini sedang mencari makan di sawah warga yang tergenang air bersama beberapa burung trinil.

Panji menambahkan, burung Biru Laut Ekor Blorok ini merupakan subspesies yang sedang mengalami gangguan populasi karena ada masalah di jalur terbangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com