Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan Dua Hari, Palabuhanratu Dilanda Banjir dan Longsor

Kompas.com - 23/10/2016, 15:32 WIB
Budiyanto

Penulis


SUKABUMI, KOMPAS.com -
Hujan yang mengguyur Sukabumi, Jawa Barat, sejak Sabtu (22/10/2016), hingga Minggu (23/10/2016), memicu terjadinya banjir bandang dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Palabuhanratu.

Banjir terjadi di Sungai Cipalabuhanratu dan sempat merendam rumah-rumah di sekitarnya dan dermaga. Untuk sementara dilaporkan tidak ada korban jiwa.

"Luapan sungai terjadi Minggu dini hari dan sempat merendam rumah-rumah di pinggiran sungai hingga dermaga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Usman Susilo, Minggu (23/10/2016).

Menurut Usman, sejak pagi warga bersama personel TNI dan Polri bergotong royong membersihkan lumpur yang masuk ke dalam rumah dan lingkungan.

"Minggu pagi banjirnya sudah mulai surut. Untuk rumah terdampak masih kami data," ujar dia.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Sukabumi Agung Citra menuturkan, longsor memutuskan akses transportasi di ruas jalan Buniwangi.

"Arus transportasi untuk mobil sudah dialihkan melalui wilayah Gunung Butak,’’ tutur Agung.

Saat ini, lanjut dia, petugas BPBD telah dikerahkan ke lokasi banjir dan longsor di Palabuhanratu. Para petugas juga masih mendata rumah yang terdampak luapan sungai. Juga sudah mengecek lokasi jalan tertimbu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com