Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

71 Bendera Merah Putih Berkibar di Puncak Gunung Andong

Kompas.com - 17/08/2016, 19:54 WIB
Kontributor Magelang, Ika Fitriana

Penulis

MAGELANG, KOMPAS.com - Sebanyak 71 bendera merah putih berkibar di puncak Gunung Andong, Desa Girirejo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2016).

Bendera kebanggaan bangsa Indonesia itu dikibarkan oleh relawan Taruna Merah Putih (TMP) dan ribuan pendaki yang berasal dari Magelang, Yogyakarta, Solo, Ambarawa, Salatiga, Boyolali dan Semarang.

Sebelum dikibarkan di ketinggian 1.726 meter dari permukaan lau (mdpl) itu, bendera dikirab oleh 71 pendaki dan dipimpin oleh Sekretaris Jenderal TMP Restu Hapsari, koordinator kegiatan Mul Budi Santoso, Camat Ngablak Taufik dan beberapa tokoh masyarakat setempat, pada Selasa (16/8/2016) sore.

Suasana kirab sore itu terasa begitu meriah karena disambut tarian tradisional soreng di kaki gunung Andong, Dusun Sawit, Desa Girirejo.

Setelah itu, mereka mendaki gunung Andong pada Selasa malam dan sampai ke puncak pada Rabu dini hari.

Di puncak gunung, para pendaki menggelar doa bersama (tirakatan). Doa yang ditujukan kepada para pahlawan kemerdekaan RI serta merenungkan kembali makna kemerdekaan yang sudah dirasakan selama 71 tahun ini.

Mul Budi Santoso, koordinator kegiatan, menjelaskan, di puncak gunung Andong para pendaki menggelar kegiatan upacara bendera seperti pada umumnya. Mulai dari detik-detik proklamasi, amanat pembina upacara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pengibaran 71 sang saka merah putih.

"Sebanyak 71 bendera sesuai dengan usia kemerdekaan RI ke-71," kata Bodrex, sapaan akrab Mul Budi Santoso.

Menurutnya, kegiatan ini tidak sekadar seremonial upacara bendera, akan tetapi memilik makna mendalam khususnya bagi pemuda Indonesia.

Di sisi lain, kegiatan ini sekaligus mempromosikan gunung Andong sebagai salah satu destinasi wisata alam yang patut dibanggakan dan dikelola dengan baik oleh warga sekitar.

"Pemuda Indonesia harus tangguh, mandiri, tidak cengeng, kreatif dan inovatif serta mencintai alam Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal TMP Restu Hapsari menambahkan, perayaan HUT ke-71 RI di puncak Gunung Andong dimaksudkan agar generasi muda semakin mencintai dan bangga terhadap bangsa Indonesia.

Selain di Gunung Andong, kata Restu, pihaknya juga mengadakan sejumlah kegiatan di beberapa daerah.

"Kami ingin membangun rasa nasionalisme dan patriotisme generasi muda agar semakin tumbuh dan berkembang. Di era digital ini anak muda rentan terkena pengaruh-pengaruh negatif. Banyak anak muda yang sudah terjebak pada fasilitas serta instan," ujar Restu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com