Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar Menduga Gafatar Akan Jadi Partai Politik

Kompas.com - 13/01/2016, 08:43 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Nama Gafatar, yang sedang ramai diperbincangkan karena diduga berhubungan dengan fenomena orang hilang baru-baru ini, tidak asing bagi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Ganjar mengaku sudah lama mengetahui keberadaan organisasi masyarakat (ormas) itu sejak duduk sebagai anggota DPR RI. Bahkan, Ganjar mengklaim termasuk orang pertama yang mengetahui lahirnya ormas tersebut.

"Pernah sebelumnya diundang ke Jakarta. Kalau enggak salah saat launching di Gedung Joeang. Waktu itu saya masih di DPR. Acaranya diskusi tentang kebangsaan dan nilai-nilai Pancasila," kata Ganjar saat dihubungi, Selasa (12/1/2016) malam.

Tidak ada hal aneh waktu kali pertama Ganjar mengenal Gafatar. Namun, dirinya sekilas melihat bahwa Gafatar adalah ormas yang solid dengan jumlah anggota yang cukup banyak. Ganjar hanya menduga, Gafatar seiring waktu akan berubah menjadi partai politik.

"Waktu di Jakarta dulu saya tanya, apa jangan-jangan ini mau jadi partai?" ujar Ganjar.

Setelah menjadi Gubernur, Ganjar mengaku pernah menerima kunjungan sejumlah pengurus DPD Gafatar Jawa Tengah di ruang kerjanya di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan Nomor 9, Semarang, pada awal Januari 2015 lalu. Dia juga membenarkan soal foto-foto pertemuan yang dimuat di sejumlah situs resmi Gafatar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com