Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapat Bantuan Rp 2 Juta tetapi Harus Teken Laporan Rp 10 Juta

Kompas.com - 09/01/2016, 07:31 WIB
Kontributor Kompas TV, Raja Umar

Penulis

MEULABOH, KOMPAS.com - Barona Jaya, nama sebuah kelompok usaha wanita yang bergerak di bidang rias pengantin dan panggung pelaminan perkawinan di Kecamatan Kawai XVI, Kabupaten Aceh Barat, menolak bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) program dari Dinas Sosial setempat.

Sebab, bantuan yang diberikan dalam bentuk barang itu dinilai jumlahnya tak sesuai dengan laporan pertanggungjawaban yang harus mereka tandatangani.

“Kami menolak bantuan yang diserahkan oleh Dinsos tadi, karena barang-barang yang mau diserakan itu, setelah kami lihat, jumlahnya tidak sesuai dengan laporan penerimaan yang harus kami tandatangani,” kata Rahmawati (27), ketua kelompok usaha wanita saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/1/2016) malam.

Perempuan yang akrab disapa Wati itu menjelaskan, bantuan yang diberikan dalam bentuk bahan dan peralatan kerja mereka hanya senilai Rp 2 juta lebih, sementara laporan yang harus mereka tandatangani Rp 10 juta.

Dia menerangka, barang yang diberikan tersebut ada beberapa macam, di antaranya kain beludru 1 rol, kasab benang emas 8 sapai, benang jahit 1 kotak, jarum 3 set, payung 10 buah, manik-manik dan amblak.

"Setelah kami hitung barang tersebut harganya cuma Rp 2.892.000. Itukan barang-barang yang sering kami belanjakan, makanya kami tahu harganya,” katanya.

Masih kata Wati, dari 7 kelompok usaha perajin dan ternak yang datang untuk mengambil bantuan Kube di Kantor Dinas Sosial tadi, dua kelompok di antaranya memutuskan untuk tidak menerima bantuan karena dinilai tak sesuai dengan angka nominal yang harus mereka pertanggungjawabkan.

“Tadi ada 7 kelompok yang datang untuk mengambil bantuan, tapi dua kelompok yaitu dari Kecamatan Kawai XVI dan Samatiga tidak jadi mengambil,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com