Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerusuhan Terjadi Jelang Kongres HMI, Pengamanan Diperketat

Kompas.com - 23/11/2015, 14:52 WIB
PEKANBARU, KOMPAS.com — Pengamanan diperketat menjelang Kongres XXIX HMI di Pekanbaru setelah kerusuhan terjadi di depan Gedung Gelanggang Remaja, Kota Pekanbaru, Riau, tempat kegiatan kongres dilaksanakan, Sabtu (21/11/2015) malam.

Sejak Minggu (22/11/2015), pasukan pengamanan dari kepolisian bersiaga di depan Purna MTQ, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Lebih dari 1.000 personel keamanan dengan kendaraan bermotor dan personel antihuru-hara diterjunkan untuk menjaga perhelatan ini.

Pada Sabtu malam, ratusan kader HMI asal Makassar terlibat kerusuhan. Diduga, hal ini terjadi lantaran mereka tidak mendapat pelayanan dan fasilitas dari panitia pelaksana Kongres HMI.

Para kader itu pun meluapkan kekesalan mereka dengan melakukan aksi pemblokadean satu ruas jalan dengan membakar ban bekas. Sejumlah fasilitas umum, seperti halte, rambu jalan, dan pot bunga, juga menjadi sasaran amuk mereka.

Sejumlah kader HMI di sekitar gelanggang remaja itu pun nyaris saling bentrok. Sejumlah kaca gedung pecah dan mesin AC dirusak.

Tidak hanya kader HMI asal Makassar, kader HMI asal Sorong, Papua, pun pun terlihat ikut mengamuk. Sejumlah lampu taman, pot bunga, tong sampah, pun dirusak oleh mereka.

Mereka lalu melanjutkan aksi mereka dengan melakukan aksi bakar ban di dekat gelanggang remaja itu. Sejumlah tempat sampah, kursi, dan meja juga ikut dibakar. Kerusuhan baru reda setelah polisi memfasilitasi pertemuan peserta dengan panitia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com