Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Longsor di Aceh Tengah, Bupati Minta Perhatian Pemprov

Kompas.com - 25/10/2015, 12:26 WIB
Kontributor Takengon, Iwan Bahagia

Penulis

TEKENGON, KOMPAS.com - Bencana longsor dan banjir bandang yang terjadi di sejumlah daerah di Aceh Tengah, Aceh, telah terjadi selama sepekan terakhir. Banjir ini akibat curah hujan yang tinggi.

Bupati Aceh Tengah Nasaruddin lantas meminta UPTD Pelayanan Jalan dan Jembatan wilayah III Dinas Bina Marga Provinsi Aceh, mempercepat reaksi pemulihan bila terjadi bencana.

"Diperlukan peran Pemerintah Provinsi, untuk turut membantu sebagian wilayah yang terkena dampak bencana," kata Nasaruddin, Minggu (25/10/2015).

“Penanganan bencana dapat lebih cepat bila unit kerja di lapangan diperkuat, bisa UPTD Pelayanan Jalan dan Jembatan Pemprov Aceh, maupun Pemerintah Kabupaten dengan bantuan alat berat maupun operasional,” ujar Nasaruddin lagi.

Menurut Nasaruddin, sangat banyak titik longsor yang menutupi badan jalan. Badan jalan yang longsor pun berstatus ruas jalan provinsi.

"Meski memiliki kendala alat dan sumberdaya, kami terus berupaya membersihkan tanah longsor di badan jalan di sekitar permukiman penduduk," kata dia.

"Termasuk mengeruk dasar sungai yang dekat dengan permukiman dan persawahan masyarakat, agar tidak terjadi banjir akibat sungai yang meluap," sambungnya.

Menurut dua, kini Pemkab Aceh Tengah sudah menyalurkan bantuan logistik bagi masyarakat yang rumahnya rusak dan mengungsi sementara. "(Juga untuk) permukiman warga yang terkurung banjir dan tanah longsor," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com