Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kabupaten di Jateng Darurat Kekeringan

Kompas.com - 05/08/2015, 19:28 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan segera memastikan dua kabupaten di Jateng mengalami darurat kekeringan. Dua daerah itu adalah Kabupaten Grobogan dan Wonogiri.

"Yang paling serem itu Grobogan, kemudian Wonogiri. Kita nanti segera nyatakan sebagai darurat kekeringan agar dana bisa segera dicairkan," kata Ganjar, Rabu (5/8/2015).

Menurur Ganjar, hampir 10 persen dari jumlah desa di Jawa Tengah mengalami bencana kekeringan dan kekurangan air bersih. Ada dua waduk utama yang berada di Jawa Tengah juga kering.

"PSDA sudah lakukan kajian tentang kekeringan. Hasilnya nanti butuh penyiapan tampungan air, seperti embung," tambahnya.

Untuk mengatasi krisis air bersih, Ganjar terus minta kepada kepala daerah dan instansi terkait untuk bisa merespons antisipasi kekeringan secara lebih cepat. Jika warga kekurangan suplai air bersih, pemerintah harus menyediakan air untuk warga.

"Jangan sampai membuat warga menunggu. Yang bisa dikejar ada sumber air nanti diberi pompa. Kalau ada sumber air artetis nanti dibuat, tapi harus direncanakan," ucapnya.

Agar tahun depan tak berulang, Ganjar minta agar antisipasi kekeringan bisa dimulai tahun ini. Salah satunya dengan memanen air di musim hujan dengan penyediaan embung, baik dengan cor beton dan pola membran.

"Seterusnya nanti baru yang diubah pada pola tanam," cetusnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com