Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ridwan Kamil Targetkan Ribuan CCTV Terpasang di Kota Bandung

Kompas.com - 19/01/2015, 22:36 WIB
Kontributor Bandung, Rio Kuswandi

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, saat ini pihaknya sudah memasang sebanyak 68 kamera tersembunyi atau closed circuit television (CCTV) di sejumlah titik dan ruas jalan di Kota Bandung. Namun, belum semuanya berfungsi karena kendala listrik.

"Karena di lapangan, listrik dan sebagainya belum konek (menyambung) semua. Jadi yang baru tersambung ini baru 20 (CCTV)," kata Emil, Senin (19/1/2015).

Menurut Emil, kendala itu tidak perlu dipersoalkan karena sangat mudah untuk diatasi.

"Itu mah hanya masalah waktu lah, hitungan minggu juga sudah beres," katanya.

Emil menambahkan, rencananya, seiring berjalannya waktu, Pemkot Bandung akan menambah lebih banyak lagi CCTV di sejumlah ruas jalan dan titik-titik Kota Bandung sampai ke lokasi jalan sempit.

"Idealnya yang terpasang itu ribuan CCTV, suatu hari nanti ribuan CCTV akan terpasang di seputaran Bandung. Jadi, tiap-tiap taman, tiap-tiap daerah di Kota Bandung yang rawan dipasang CCTV, sehingga kita bisa monitoring apa saja yang terjadi di tempat tersebut. Setelah itu, kita mendapat informasi yang terjadi di lokasi tertentu, kita akan ambil keputusan (tindakan)," tandasnya.

Pemasangan CCTV di Kota Bandung ini akan dipantau di ruangan Command Center yang bermarkas di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana. Sejumlah CCTV yang dipasang terhubung langsung dengan Command Center.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com