Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNPB: Kondisi Normal Pasca-gempa di Pacitan

Kompas.com - 14/07/2014, 14:25 WIB
Kontributor Kediri, M Agus Fauzul Hakim

Penulis


KEDIRI, KOMPAS.com — Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengonfirmasi beberapa daerah untuk mengetahui dampak gempa berkekuatan 5,6 SR dengan kedalaman 10 km yang berpusat di tenggara Pacitan, Jawa Timur, Senin (14/7/2014), itu (baca juga: Gempa 5,6 SR Guncang Pacitan, Terasa hingga Yogyakarta dan Surabaya).

Hingga saat ini, BNPB belum mendapat laporan adanya kerusakan berarti atau bahkan korban jiwa akibat gempa yang terjadi sekitar pukul 12.05 WIB itu. BNPB sebatas mendapat laporan kepanikan masyarakat saat peristiwa ini berlangsung.

"Saat ini kondisi sudah normal kembali," kata Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam siaran persnya, Senin.

Gempa tersebut terasa di beberapa wilayah sekitar episentrum gempa, seperti di Trenggalek, Tulungagung, Kediri, Malang, Wonogiri, hingga Yogyakarta. Durasi intensitas guncangan gempa dirasakan selama 3-10 detik.

"Sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah dan bangunan," imbuhnya.

Meski demikian, Sutopo menambahkan, gempa yang berpusat di Samudera Hindia dan terjadi akibat aktivitas subduksi yang terbentuk karena tumpukan antara lempeng Benua Eurasia dan lempeng Samudera Indo-Australia itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terprovokasi atas isu yang tidak bertanggung jawab, semisal tsunami, dan selayaknya tetap mengikuti arahan-arahan dari pemerintah daerah setempat.

"Segera keluar dari bangunan dan mencari tempat yang aman saat gempa," tandas Sutopo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com