Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ambon Gagalkan Penyelundupan Miras ke Papua

Kompas.com - 22/07/2013, 21:32 WIB
Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Aparat Kepolisian Pelabuhan Ambon, Senin (22/7/2013) menggagalkan upaya penyelundupan, ratusan liter minuman keras tradisional jenis sopi, yang akan diselundupkan ke Papua.

Upaya penyelundupan dilakukan melalui Pelabuhan Yos Sudarso Ambon dengan menggunakan KM Ngapulu. Demi mengelabui aparat kepolisian, ratusan liter miras ini dimasukkan  ke dalam plastik, dan selanjutnya dipak di dalam puluhan kardus.

Namun, usaha menyelundupkan barang haram ini gagal dilakukan, setelah polisi menggelar operasi pekat di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, sore tadi. “Kita dapat laporan dari warga kalau ada miras yang akan dibawa ke Papua dengan menggunakan kapal, semuanya berjumlah 500 liter. Saat itu kita langsung bergerak dan menyita barang bukti, sayangnya pemiliknya melarikan diri,” ungkap Kepala Polsek KPPP Ambon, AKP Johan Picauly kepada wartawan di ruang kerjanya.

Menurut Johan, ratusan miras tersebut diduga akan dijual dengan harga tinggi di Papua. Setelah disita, ratusan miras tersebut, langsung diamankan di Kantor Polsek KPPP yang berada di area pelabuhan.

Dalam waktu dekat, ratusan miras tersebut akan diserahkan ke Mapolres Pulau Ambon untuk dimusnahkan. “Kita bekerjasama dengan Adpel, pihak pelabuhan dan juga kaum buruh, maksudnya agar mudah mendeteksi hal–hal seperti ini. Kalau ada mereka (buruh) pasti melaporkan kepada kita,” ungkapnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com