Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Gunung di Sulawesi Utara Naik Status dari Waspada ke Siaga

Kompas.com - 17/04/2024, 08:17 WIB
Agie Permadi,
Reni Susanti

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi menyebut dua gunung di Sulawesi Utara mengalami peningkatan status aktivitas. Yakni Gunung Ruang dan Gunung Awu

Peningkatan aktivitas di Gunung Ruang, Kabupaten Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara menyebabkan status gunung ini naik dari level II (waspada) menjadi Level III (siaga) terhitung 16 April 2024 pukul 16.00 WITA.

Dalam kurun waktu 12 jam, pukul 00.00–12.00 WITA, jumlah gempa vulkanik dalam mengalami eskalasi 198 kejadian dan tercatat gempa tektonik jauh 2 kali kejadian.

Baca juga: Dentuman dan Erupsi di Gunung Ruang Sulut, 838 Warga Dievakuasi

Pada 17 April 2024 pukul 01:08 Wita, erupsi Gunung Ruang yang terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi sementara ini kurang lebih 2 menit.

"Terdengar suara dentuman dan gemuruh erupsi masih berlangsung saat laporan sedang dibuat," ucap Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (17/4/2024). 

Berdasarkan foto dan video yang dikirimkan PVMBG, terlihat erupsi eksplosif gunung ruang yang terjadi pada pukul 01.08 WITA. Sebanyak 272 KK atau 838 jiwa terdampak dan siap untuk dievakuasi. 

Baca juga: Banjir Lahar Dingin Usai Erupsi Gunung Marapi Sumbar

Untuk Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, statusnya naik dari Level II (Waspada) menjadi Level III (Siaga).

Menurut Hendra, dalam dua minggu terakhir kegempaan Gunung Awu didominasi gempa vulkanik dangkal dan gempa vulkanik dalam. 

Rincian kegempaan selengkapnya yaitu terekam 1 kali gempa frekuensi rendah, 284 kali gempa vulkanik dangkal, 71 kali gempa vulkanik dalam, 14 kali gempa tektonik lokal, dan 252 kali gempa tektonik jauh.

Hendra mengatakan, masyarakat diimbau tak memasuki atau beraktivitas di dalam wilayah radius 5 km dari pusat kawah Gunung Awu.

Selain itu, ikuti arahan dari Instansi yang berwenang yakni Badan Geologi yang akan terus berkoordinasi dengan BNPB, BMKG, K/L, Pemda, dan instansi terkait lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com