Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 ABK yang Hilang Kontak di Samudra Hindia, Pencarian Diperluas hingga Muara Bogowonto

Kompas.com - 18/03/2024, 18:07 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Sebanyak 10 anak buah kapal (ABK) nelayan Kiat Maju Jaya 7 dilaporkan hilang kontak di Samudra Hindia, Sabtu (16/3/2024).

Tim SAR gabungan terus melakukan operasi pencarian yang dilakukan mulai dari pesisir wilayah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah hingga Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Daftar nama 10 ABK yang hilang semuanya berjenis laki-laki merupakan warga Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

1. Waidin (39 tahun)
2. Ahmad Mutajar (24 tahun)
3. Angga Trio (21 tahun)
4. Gunawan (22 tahun)
5. Heri Setiaji (27 tahun)
6. Ichya Umidin (23 tahun)
7. M. Ripto (25 tahun)
8. Syarifuddin (25 tahun)
9. Waroji (41 tahun)
10. Zaenal (29 tahun)

Selain itu, tim SAR gabungan saat ini juga memperluas area pencarian hingga kawasan muara Bogowonto.

Baca juga: Pencarian 10 ABK Hilang Kontak di Samudra Hindia, Basarnas Sisir Perairan Cilacap hingga Kulon Progo

Kepala Basarnas Cilacap Adah Sudarsa mengatakan upaya pencarian kapal nelayan yang dilakukan tim SAR gabungan sesuai dengan rencana awal, yakni membagi tim SAR gabungan menjadi 3 SRU.

"Sesuai dengan rencana pencarian, tim SAR dibagi menjadi 3 SRU, mulai dari penyisiran darat dan penyisiran di air," katanya dilansir dari TribunJateng.com.

Disebutkan Adah bahwa SRU 1 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan kapal Polairud Cilacap di perairan Nusakambangan.

Petugas juga melakukan penyisiran di darat menggunakan ATV mulai dari pantai Teluk Penyu hingga pantai Menganti, Cilacap.

"Disana para petugas juga menginformasikan kepada nelayan, potensi SAR, masyarakat terkait insiden kapal hilang kontak," katanya.

Lebih lanjut Adah menyebut, untuk SRU 2 petugas melakukan penyisiran darat menggunakan rescue trail dari pantai Ayah sampai pantai Wedi Putih, Kebumen.

"Petugas juga melakukan pemantauan di Bukit Pedalen, Kebumen dengan menerbangkan drone kearah laut untuk melakukan pemantauan lebih luas," ungkapnya.

Baca juga: ABK Asal Aceh Tewas Tenggelam Saat Menjaring Ikan di Perairan Ende NTT

Sementara itu SRU 3 dari USS Congot melakukan penyisiran darat menggunakan rescue trail sejauh 10 kilometer dari muara Bogowonto hingga pantai Cubung Jangkang.

Namun rupanya pencarian terhadap kapal Kilat Maju Jaya-7 yang membawa 10 ABK hingga sore kemarin belum membuahkan hasil.

Diberitakan sebelumnya, kapal Kiat Maju Jaya 7 tidak diketahui keberadaannya saat tiga kapal lain memilih bersandar di Dermaga Pacitan untuk menunggu badai reda.

Kapal yang dinahkodai Waidin ini juga tidak bisa dihubungi.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Tim SAR Gabungan Perluas Pencarian Kapal Hilang Kontak hingga Ke Muara Bogowonto

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com