Kompas.com - 14/09/2022, 20:09 WIB

MUKOMUKO, KOMPAS.com - Harga pembelian tandan buah segar (TBS) kelapa sawit oleh pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, naik hingga mencapai Rp 100 per kilogram. Kenaikan harga TBS sawit ini dampak dari kenaikan harga minyak mentah (CPO) dunia.

"Harga TBS hari ini naik Rp 50 per kg hingga Rp 100 per kg dibanding dengan dua hari yang lalu. Mudah-mudahan terus berlanjut," kata Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Meri Marlina dikutip dari Antara.

Data kenaikan harga TBS sawit ini didapat dari 10 pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di sejumlah wilayah daerah ini.

Baca juga: Harga TBS Sawit di Bangka Naik Rp 500 Per Kg, Petani: Pupuk Masih Mahal

Ia mengatakan, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini mulai mendekati harga ketetapan tim penetapan harga sawit provinsi sebesar Rp 1.880 per kilogram.

"Hampir mendekati harga sawit di pabrik daerah ini, kalau harga sawit di pabrik daerah ini dalam Minggu ini naik bertahap Rp 50 per kg kemungkinan sama dengan harga ketetapan tim perumus," ujarnya.

Sedangkan harga sawit di PT Karya Sawitindo Mas naik dari sebesar Rp 1.580 per kg menjadi Rp1.630 per kg, harga sawit di PT Mukomuko Indah Lestari naik dari sebesar Rp 1.600 per kg menjadi Rp 1.650 per kg.

Kemudian Harga sawit di PT Karya Agro Sawitindo naik dari sebesar Rp 1.580 per kg menjadi Rp 1.630 per kg, harga sawit di PT Usaha Sawit Mandiri naik dari sebesar Rp 1.610 per kg menjadi Rp 1.690 per kg.

Harga sawit di PT Gajah Sakti Sawit naik dari sebesar Rp 1.660 per kg menjadi Rp 1.710 per kg, harga sawit di PT Daria Dharma Pratama naik dari sebesar Rp 1.600 per kg menjadi Rp 1.650 per kg, dan PT Surya Andalan Primatama naik dari sebesar Rp 1.600 per kg menjadi Rp 1.650 per kg.

Baca juga: Perkebunan Sawit Ilegal Sebabkan Hutan Mukomuko Bengkulu Kritis hingga Matikan Habitat Gajah

Harga sawit di PT Bumi Mentari Karya naik dari sebesar Rp 1.590 per kg menjadi Rp 1.690 per kg dan PT Sapta Sentosa Jaya Abadi naik dari sebesar Rp 1.460 per kg menjadi Rp 1.510 per kg

Ia berharap harga pembelian TBS kelapa sawit oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini mengalami peningkatan agar kesejahteraan petani sawit setempat semakin baik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.