Angka Kematian Covid-19 di Palembang Lewati Standar WHO, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 19/06/2021, 17:58 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

PALEMBANG, KOMPAS.com - Angka kematian akibat Covid-19 di Palembang, Sumatera Selatan, melewati standar dari organisasi kesehatan dunia atau WHO.

Sebab, sampai saat ini case fatality rate di Palembang telah mencapai 4,4 persen.

Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang Yudhi Setiawan mengatakan, tingginya angka kematian tersebut dikarenakan banyak pasien yang terpapar Covid-19 akibat penanganan yang lambat.

Baca juga: Data Kematian akibat Covid-19 di Provinsi Kalbar Berbeda dengan Kabupaten/Kota, Ini Sebabnya

Tak hanya itu, rata-rata rentang usia yang meninggal berkisar 60 tahun dan memiliki penyakit penyerta, seperti diabetes, hipetensi dan jantung.

"Untuk persentase kematian tingkat dunia sesuai standar WHO adalah 2,2 persen dan nasional 2,8 persen. Sementara di Palembang sudah mencapai 4,4 persen terhitung sejak awal pandemi Covid-19," kata Yudhi melalui sambungan telepon, Sabtu (19/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yudhi menjelaskan, dinas kesehatan masih terus melakukan tracing, testing dan treatmen untuk terus menekan lonjakan kasus Covid-19.

Menurut dia, keterlambatan penanganan pasien Covid-19 di Palembang akibat masyarakat takut untuk datang ke rumah sakit.

"Rata-rata pasien yang mempunyai kormobit ini datang setelah kondisinya sudah parah, ini yang membuat penanganan pasien jadi sulit. Semestinya ketika ada gejala masyarakat langsung datang ke faskes untuk melakukan pemeriksaan," ujarnya.

Baca juga: BOR RS Covid-19 Capai 85 Persen, Wawali Yogyakarta: Mengkhawatirkan

Sementara untuk angka penyebaran Covid-19 di Palembang juga tinggi karena berkisar di angka 11 sampai12 persen. Sedangkan standar WHO hanya lima persen.

"Tingginya angka positivity rate terjadi akibat kurang maksimalnya skrining kasus positif," jelasnya.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Palembang, Sabtu (19/6/2021), angka positif Covid-19 saat ini mencapai 14.382 kasus, dengan jumlah kesembuhan 12.940 orang, meninggal 630 orang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X