Sungai Salu Battang Meluap, Banjir Setinggi 1 Meter Rendam Palopo, Sejumlah Warga Terisolir

Kompas.com - 18/10/2020, 23:23 WIB
Banjir di Kampung Marobo, Kelurahan salu Battang, Kota Palopo membuat petugas BPBD harus mengevakuasi warga menggunakan perahu karet, Minggu (18/10/2020) MUH. AMRAN AMIRBanjir di Kampung Marobo, Kelurahan salu Battang, Kota Palopo membuat petugas BPBD harus mengevakuasi warga menggunakan perahu karet, Minggu (18/10/2020)

PALOPO, KOMPAS.com -  Hujan deras yang mengguyur Kota Palopo, Sulawesi Selatan, membuat Sungai Salu Battang di Kecamatan Tellu Wanua meluap dan merendam ratusan rumah warga pada Minggu (18/10/2020).

Banjir paling parah terjadi di Kampung Marobo dengan ketinggian air mencapai satu meter dan membuat warga terisolir.

Baca juga: Istri Pertama Siswa SMK di Lombok: Waktu Itu Saya Kira Dia Tamu Mau Menjenguk, Ternyata...

Ketua Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo Ricar mengatakan, Sungai Salu Battang meluap setelah diguyur hujan deras sejak Sabtu (17/10/2020) sore.

Hal itu membuat sebagian wilayah di Kota Palopo terendam.

“Sejumlah titik yang terendam yakni di jalan Cakalang Palopo, Kelurahan Pentojangan dan Kelurahan Salu Battang, di Kelurahan Salu Battang terparah di Kampung Marobo ini ada puluhan rumah yang terendam dan sementara diasesmen,” kata Ricar saat dikonfirmasi di lokasi, Minggu (18/10/2020).

Ricar belum bisa memprediksi kapan banjir di Kampung Marobo surut. Sebab, kondisi di daerah itu juga dipengaruhi air pasang.

“Sejak semalam banjir air belum surut ini dikarenakan daerah ini dipengaruhi pasang surut air laut, sehingga kami harus memasang tenda bagi warga yang terdampak banjir,” ucap Ricar.

Banjir yang melanda permukiman membuat sejumlah perabot rumah tangga terbawa air. Bahan makanan warga juga terendam.

BPBD, kata Ricar, telah mengevakuasi warga ke tempat yang aman.

“Saat ini kami membantu mengevakuasi warga ke tempat yang aman, termasuk memindahkan barang warga yang terendam air seperti peralatan dapur, perlengkapan tidur dan barang elektronik, ke posko,” ujar Ricar.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X