Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

80 Persen Kasus Terbaru Positif Covid-19 di Riau adalah Pasien Tanpa Gejala

Kompas.com - 29/09/2020, 07:48 WIB
Citra Indriani,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

PEKANBARU, KOMPAS.com - Kasus pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Riau masih terus bertambah.

Untuk hari ini, Senin (28/9/2020), terdapat penambahan sebanyak 254 kasus. Dengan tambahan ini, jumlah total kasus positif Covid-19 di Riau menjadi 7.034 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Riau Mimi Yuliana Nazir mengatakan, untuk jumlah pasien positif Covid-19 yang sembuh hari ini sebanyak 110 orang, sedang empat orang meninggal dunia.

"Total pasien sembuh 3.445 orang. Untuk pasien yang meninggal bertambah 4 orang, totalnya menjadi 147 orang," kata Mimi dalam keterangan kepada wartawan, Senin.

Baca juga: Update Covid-19 di Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, dan Bengkulu 27 September 2020

Dia menyebutkan, pasien yang dirawat di rumah sakit saat ini berjumlah 897 orang dan isolasi mandiri 2.543 orang.

Sementara itu, Mimi mengatakan, penambahan kasus positif saat ini, 80 persennya merupakan dari Orang Tanpa Gejala (OTG).

Dimana banyak dari perusahaan dan juga instansi melakukan swab mandiri, termasuk dari hasil tracing pasien positif sebelumnya.

"Penambahan sekarang lebih banyak yang OTG. Kalau yang bergejala dia pasti ke rumah sakit. Banyak yang tidak bergejala atau gejala ringan, kalau secara teorinya 80 persen tidak bergejala. Pada umumnya seperti itu dalam hal penambahan," sebut Mimi.

Baca juga: 11 Ibu Hamil Positif Covid-19 Tanpa Gejala Diisolasi di Rusunawa Bener Yogyakarta

Ia juga menjelaskan, bagi pasien yang bergejala dari awal, akan langsung dibawa ke rumah sakit. Selama di Rumah sakit diberi perawatan, di infus, diberi obat dan vitamin. Jika yang parah maka akan langsung masuk ICU. 

''Kan yang sudah bergejala suspek sudah di rumah sakit dia. Jadi memang sudah dirumah sakit awal-awal dapat gejala, kemudian di swab baru terdeteksi positifnya, kalau yang sekarangkan banyak yang tidak bergejala, swab mandiri dan positif," tutur Mimi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com