Jadi Relawan Uji Vaksin, Ini yang Akan Tetap Dilakukan Ridwan Kamil

Kompas.com - 25/08/2020, 16:40 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, beberapa waktu lalu. KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANIGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, beberapa waktu lalu.

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah melaksanakan tahap pertama uji klinis vaksin Covid-19 di Puskesmas Garuda, Kota Bandung, Selasa (25/8/2020).

Pemeriksaan tahap kedua akan dilaksanakan pada Jumat (28/8/2020), jika hasil pemeriksaan kesehatan dinyatakan aman untuk tahap selanjutnya.

Sembari menunggu tahap kedua tiba, pria yang akrab disapa Emil ini mengaku tidak akan menurunkan intensitas kesehariannya sebagai pejabat publik.

Baca juga: Ikut Tahap Pertama Uji Klinis Vaksin Covid-19, Begini Respons Ridwan Kamil

Sebab, menurut Emil, tidak ada pantangan apapun hingga uji klinis tahap kedua.

"Setelah ini kami tetap akan melakukan kegiatan seperti biasa. Tidak ada perubahan, tetap jaga jarak, tetap pakai masker. Hanya nanti dalam prosesnya kalau ada gejala, harap segera dilaporkan. Jadi dari penjelasan, pada dasarnya proses ini tidak mengubah gaya hidup sehari-hari," kata Emil usai pemeriksaan kesehatan, Selasa.

Meski demikian, ia mengaku akan lebih teliti dalam menjaga kondisi fisiknya.

Baca juga: Ternyata Ini Alasan Ridwan Kamil Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid-19

Selain itu, pengawasan juga dilakukan oleh tim dokter.

"Jadi saya tidak akan merubah apapun, kecuali lebih introspeksi saja, menghindari pola yang membuat saya sakit, yang sebenarnya bukan karena vaksin, tapi nanti malah tertuding pada vaksin. Jadi kita mawas diri saja," kata Emil.

Emil berharap, keterlibatan para pejabat di Jawa Barat sebagai relawan uji klinis bisa membuat masyarakat lebih yakin tentang uji vaksin ini.

Ia pun optimistis hadirnya vaksin ini menjadi titik terang akhir dari pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan dengan kami ikut, masyarkat tenang bahwa vaksin ini akan hadir dan ending dari pandemi sudah mulai terlihat. Mohon doanya, kami juga sudah kelelahan terhadap isu ini. Mudah-mudahan inilah jalan yang Allah berikan di ujung pandemi dan kita bisa hidup normal lebih baik dan produktif lagi di 2021," kata dia.

Baca juga: Sebelum Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Menemui Ibunda



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X