Gibran Daftar Lewat DPD PDI-P Jateng, Rudy Enggan Komentar: Tugas Saya Sudah Selesai

Kompas.com - 13/12/2019, 07:37 WIB
Gibran Rakabuming Raka beorasi di atas panggung di halaman kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Panti Marhaen, usai dirinya resmi mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo untuk periode 2020-2025, Kamis (12/12/2019). KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAGibran Rakabuming Raka beorasi di atas panggung di halaman kantor DPD PDIP Jawa Tengah, Panti Marhaen, usai dirinya resmi mendaftar sebagai bakal calon wali kota Solo untuk periode 2020-2025, Kamis (12/12/2019).
Editor Rachmawati

KOMPAS.com - FX Hadi Rudyatmo, Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta enggan mengomentari pendaftaran Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon Wali Kota Solo pada Pilkada 2012.

Gibran telah mendaftar melalui DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah pada Kamis (12/12/2019).

Sementara Rudy sendiri telah menugaskan Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa sebagai bakal calon wali kota dan wakil wali kota pada Pilkada Solo 2020 melalui DPC PDI-P Surakarta.

"Tugas saya sudah selesai," kata Rudy kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/12/2019).

Ia mengatakan saat pemilihan legislatif lalu, PDI-P Surakarta memperoleh 62 persen suara.

Baca juga: 5 Fakta Gibran Daftar Pilkada Solo, Pilih Kamis Legi hingga Janji Sejahterakan Warga Solo

Sesuai dengan Peraturan Partai (PP) Nomor 24 Tahun 2017, partai yang memperoleh lebih dari 25 persen suara maka bisa melakukan penjaringan calon wali kota dan wakil wali kota secara tertutup.

Untuk itu pihaknya menunjuk Purnomo dan Teguh yang namanya telah diusulkan pengurus anak ranting, ranting, dan PAC.

Namun saat ini pihaknya sedang menunggu surat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan terkait Pilkada Solo 2020.

"Kita menunggu rekomendasinya dari DPP. Saya tidak tahu kapan itu keluar," ujar Rudy yang juga menjawab Wali Kota Surakarta.

Ia juga mengatakan DPC PDI Perjuangan akan mematuhi dan menaati rekomendasi yang dikeluarkan dari DPP PDI Perjuangan.

Baca juga: Kata FX Hadi Rudyatmo soal Gibran Mencalonkan Diri Melalui DPD PDI-P Jateng

Ganjar sarankan Gibran berkomunikasi dengan Rudy

Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta yang juga Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Ketua DPC PDI-P Kota Surakarta yang juga Wali Kota Surakarta, FX Hadi Rudyatmo.
Pada awal Desember 2019 lalu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sempat menyarankan agar Gibran menjalin komunikasi dengan Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo sebelum mendaftarkan diri sebagai calon Wali Kota Solo di Pilkada Solo 2020.

"Kalau bisa, sebelum daftar ya ngobrol dulu sama Pak Rudy. Gak apa-apa kalau mau daftar ke DPD Jateng. Dia juga pernah bilang kepada saya mau daftar awal Desember. Itu pas saya nengokin bayinya yang baru lahir di Solo tempo hari," jelas Ganjar di Semarang, Sabtu (7/12/2019).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X