Cianjur Waspada Ancaman Tsunami dan Letusan Gunung Berapi

Kompas.com - 19/11/2019, 17:15 WIB
Ilustrasi tsunami ShutterstockIlustrasi tsunami

CIANJUR, KOMPAS.com –  Kabupaten Cianjur tercatat sebagai salah satu wilayah yang paling rawan bencana di Indonesia.

Karena itu, potensi bencana seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir termasuk tsunami dan letusan gunung berapi, akan selalu mengancam setiap saat.

Oleh karena itu, Dandim 0608/Cianjur Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengimbau masyarakat senantiasa meningkatkan kewaspadaan.

"Wilayah Kabupaten Cianjur ini paling rawan bencana. Sehingga harus siap siaga setiap saat dan perlunya pembekalan soal mitigasi bencana agar tidak bingung saat terjadi bencana," kata Rendra saat pembekalan mitigasi bencana kepada perangkat pemerintah, personel TNI/Polri di Cianjur, Selasa (19/11/2019). 


Baca juga: Kepala BNPB: Gempa dan Tsunami Bencana yang Berulang

Selain itu, Rendra meminta masyarakat mengurangi aktivitas di zona-zona merah untuk menghindari jatuhnya korban jika bencana terjadi.

“Mitigasi bencana dan keterlibatan semua pihak menjadi hal yang mutlak dalam menghadapi ancaman bencana ini,” kata dia.

Pasalnya, menghadapi ancaman bencana bukan hanya tugas dinas terkait dalam hal ini BPBD, tetapi juga tanggung jawab semua pihak. 

“Kendati tentu saja perlu ada pembagian tugas yang jelas di setiap kecamatan agar tidak tumpang tindih nantinya,” ucap dia.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,0 Guncang Maluku Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Cianjur Dodi Permadi menyebutkan, semua jenis potensi bencana ada dan bisa terjadi di Cianjur, mulai dari letusan gunung berapi hingga ancaman gelombang tsunami.

"Paling sering terjadi bencana tanah longsor. Jadi semua harus siaga, kegiatan mitigasi bencana ini sangat penting,” kata Dodi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X