Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Belasan Orang untuk Angkat 1 Perahu Peninggalan Zaman Belanda di Bengawan Solo

Kompas.com - 07/11/2019, 15:11 WIB
Hamzah Arfah,
Abba Gabrillin

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Satu dari tiga perahu yang diduga sebagai peninggalan zaman kolonial Belanda, yang ditemukan warga di dasar Sungai Bengawan Solo di Lamongan, Jawa Timur, berhasil diangkat, Rabu (6/11/2019).

Tim gabungan yang terlibat dalam proses pengangkatan perahu berharap, perahu kedua akan dapat diangkat pada Kamis (7/11/2019) ini.

"Kita break dulu, kasihan tim sudah bekerja dari kemarin dan belum sempat istirahat tidur. Nanti malam kita lanjutin, mudah-mudahan besok perahu kedua akan bisa diangkat ke permukaan," ujar arkeolog dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Wicaksono Dwi Nugroho, saat ditemui di lokasi, Rabu (6/11/2019).

Baca juga: Perahu di Dasar Bengawan Solo Diduga Kendaraan Perang, Ini Spesifikasinya

Tim BPCB Jawa Timur terdiri dari tujuh orang, dengan dibantu sepuluh tenaga lokal.

Meski demikian, saat pengangkatan perahu banyak unsur lain yang terlibat membantu seperti dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lamongan.

"Ini rencananya ada delapan orang lagi dari BPCB Jawa Timur yang akan datang. Jadi kita gantian, mereka datang, kami geser dulu untuk istirahat," kata Wicaksono.

Selain itu, ada pula perwakilan dari Balai Konservasi Borobudur (BKB) yang turut dalam agenda kali ini.

Mereka turut membantu proses ekskavasi, guna mengetahui usia perahu yang diduga peninggalan zaman kolonial Belanda tersebut.

"Ada dua orang dari Balai Konservasi Borobudur. Ini kan kerja bersama dari Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), jadi ada beberapa tim yang terlibat termasuk kami, Disbudpar Lamongan, serta Balai Konservasi Borobudur," tutur dia.

Usai berhasil diangkat, satu perahu langsung dibawa menuju kantor Disbudpar Lamongan untuk proses lanjutan.

Sementara, dua perahu yang belum berhasil diangkat, bakal terus diupayakan dalam waktu dekat.

Tim gabungan dan BPCB Jawa Timur berharap, semua perahu peninggalan zaman kolonial Belanda ini nantinya bakal tuntas diangkat dari dasar Bengawan Solo, maksimal pada akhir pekan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com