Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Lewat Program Pemerintah, Wagub Jabar Ajak Mahasiswa Terlibat Pembangunan

Kompas.com - 04/11/2019, 16:21 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengajak mahasiswa berperan dalam pembangunan lewat program yang disediakan pemerintah.

Ini karena, Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jabar dengan Birokrasi 3.0 siap mewadahi para generasi muda untuk turut berperan dalam pembangunan.

Wadah yang dimaksud, antara lain, program Jabar Future Leader, Jabar Innovation Fellowship, Youth Innovation Summit, dan Patriot Desa.

"Program-program tersebut contoh kebijakan politik untuk kemaslahatan, kemajuan, dan pemberdayaan. Insyaallah Jabar (jadi) juara," ujar Uu dalam keterangan tertulisnya.

UU sendiri mengatakan itu saat membuka Kongres Nasional Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik se-Indonesia (ILMISPI) Tahun 2019 di Aula Universitas Singaperbangsa Kabupaten Karawang, Senin (04/11/2019).

Baca juga: Tekan Kemiskinan di Jabar, Wagub Uu Usulkan Konsep Pentahelix ABCGM

"Para pemuda, mahasiswa ilmu sosial, ilmu politik, bisa turut serta membangun Jabar Juara Lahir Batin yang inovatif kolaboratif," kata Uu.

Terkait politik, Uu mengatakan, seharusnya ilmu ini harus menjadi alat untuk memajukan bangsa, mencegah kemungkaran, sekaligus menebar kebaikan.

Maka dari itu, kedudukan dan keputusan politik yang maslahat harus dirasakan pemerintahan dan masyarakat.

Untuk itu, Uu pun mendorong para mahasiswa Ilmu Sosial dan Ilmu Politik agar menjalankan fungsinya sebagai edukator yang menumbuhkan kesadaran politik dan sosial di masyarakat.

"Dengan nasionalisme, patriotisme, serta kecintaan pada bangsa, mahasiswa harus berperan jadi agent of change di tengah-tengah masyarakat," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com