Pengamat: Menteri Agama Dijabat Purnawirawan TNI, Wajar Kiai NU Kecewa

Kompas.com - 24/10/2019, 06:25 WIB
Jenderal (Purn) Fachrul Razi datang ke Istana memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIMJenderal (Purn) Fachrul Razi datang ke Istana memenuhi panggilan Presiden Joko Widodo

KOMPAS.com - Penunjukan Jenderal (Purn) TNI Fachrul Razi sebagai Menteri Agama (Menag) memicu polemik dan resistensi.

Hal ini karena Menag merupakan kementerian yang selama ini dijabat oleh orang yang paham agama atau kiai, khususnya kiai yang berasal dari ormas Islam Nahdlatul Ulama (NU).

Analis Politik dan Direktur IndoStrategi Arif Nurul Imam mengatakan, penunjukan Fachrul Razi sebagai Menag sangat wajar kalau kemudian menimbulkan kekecewaaan para kiai NU.

“Sebab Menag pasca-reformasi selalu dijabat oleh para kiai, khususnya yang berasal dari NU,” ujar Arif kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2019).

Baca juga: PBNU: Banyak Kiai Daerah Kecewa dan Protes soal Jabatan Menteri Agama

Kekecewaaan demikian, lanjut dia, sangat wajar karena selain mengurangi slot jabatan politik kader NU, Menag baru bisa jadi lantaran dianggap tidak mendalami agama sehingga dipandang tidak kompeten.

“Alasan lain kekecewaan itu juga dipicu karena jemaah NU kemarin solid mendukung Jokowi-Makruf Amin,” katanya.

Karena itu, dalam logika demikian, lanjut Arif, kavling NU seharusnya tidak di otak-atik, apalagi dipangkas.

“Faktor lainnya, kenapa kiai NU kecewa tentu karena NU bersama Muhammadiyah merupakan pendiri bangsa sehingga memiliki saham untuk turut serta mengatur negeri ini,” kata Arif.

Menurut Arif, upaya pemerintah Jokowi di periode kedua untuk mengatasi radikalisme berbasis agama memang bisa menjadikan Kemenag sebagai garda depan.

“Pilihan Jokowi yang menihilkan NU dalam Menag, tentu sangat wajar jika menimbulkan kekecewaan karena selama ini merupakan bidang garap mereka yang ditekuni sejak Indonesia belum berdiri,” tandasnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X