KPU Papua Kirim Teguran ke 3 Kabupaten/Kota yang Belum Selesaikan Pleno

Kompas.com - 15/05/2019, 19:03 WIB
Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay KOMPAS.com/Dhias SuwandiKetua KPU Papua, Theodorus Kossay

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat provinsi Papua hingga kini masih menyisakan tiga kabupaten/ kota.

Tiga daerah yang dimaksud adalah Kota Jayapura, Kabupaten Kepulauan Yapen dan Intan Jaya.

Hingga Rabu (15/5/2019) pukul 19.02 WIT, pleno untuk ketiga daerah tersebut belum juga dimulai.


Untuk Kota Jayapura, hingga kini tahapan rekapitulasi tingkat kotamadya belum selesai.

Baca juga: Polisi Tangkap Warga Cirebon yang Buat Video Hoaks Soal Rekapitulasi Tertutup

"Kami sudah kirim surat teguran, mudah-mudahan surat itu bisa membantu mempercepat pleno," ujar Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay.

Sementara, di Kabupaten Kepulauan Yapen, pleno sudah dilakukan pada 14 Mei 2019. Namun, diskors selama 24 jam karena Bawaslu Papua merekomendasikan untuk dilakukan rekapitulasi ulang untuk 15 distrik.

Kemudian, di Kabupaten Intan Jaya, pleno tingkat kabupatennya baru selesai pada Rabu sore.

Baca juga: Rekapitulasi KPU: Prabowo-Sandiaga Unggul di Banten

Melihat perkembangan yang ada, Anggota Komisioner Bawaslu Papua, Amandus Situmorang menyarankan, KPU Papua berkonsultasi dengan KPU RI terkait adanya kemungkinan diberikannya perpanjangan waktu.

"Kalau memang dilihat nanti perkembangannya dirasa waktu kurang, tentu akan ada koordinasi antara KPU Papua dengan KPU RI," ujar dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X